Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kargo Internasional Mengudara Lagi dari Bandara Kertajati, Kegigihan PT BIJB Dipuji

Napas Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka pelan-pelan mulai panjang setelah penerbangan kargo berjalan rutin.
Penerbangan kargo Bandara Kertajati
Penerbangan kargo Bandara Kertajati

Bisnis.com, BANDUNG—Napas Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka pelan-pelan mulai panjang setelah penerbangan kargo berjalan rutin.

Optimisme kebangkitan Bandara Kertajati makin kuat usai penerbangan kargo internasional Kertajati-Kuala Lumpur kembali dibuka.

Pada Jumat (15/7/2022), uji coba penerbangan kargo internasional dari Kertajati-Kuala Lumpur membawa 12,5 ton kargo yang mayoritas produk tekstil. Penerbangan tersebut memakai maskapai Asia Cargo Airlines.

Asisten Daerah bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Jabar M Taufiq Budi Santoso mengatakan penerbangan uji coba tersebut menjadi oase bagi Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Menurutnya meski dalam kondisi kurang baik manajemen PT BIJB menunjukkan upaya yang serius menghidupkan bandara tersebut.

“Intinya meski PT BIJB sedang dalam kondisi kurang baik, namun semangat dan optimisme harus terus dibangun, PT BIJB sebagai BUMD provinsi Jawa Barat. telah menjalankan tugas sebaik mungkin,” katanya kepada Bisnis, Jumat (15/7/2022).

Menurutnya upaya manajemen bekerja sama dengan berbagai mitra dan mendapat dukungan dari pemerintah pusat perlu juga mendapat dukungan di tingkat lokal.

Pihaknya berharap para pengusaha di Jawa Barat bisa memanfaatkan layanan kargo di Bandara Kertajati seiring belum dibukanya penerbangan komersial dari sana.

“Upaya ini perlu didukung semua pihak, termasuk pengusaha Jawa Barat. Karena Kertajati itu ke depan akan makin lengkap dari sisi infrastruktur, seperti tol Cisumdawu dan akses yang lain, kami berharap mudah-mudahan ini terus berjalan,” katanya.

Pemprov Jabar sendiri menurutnya tengah mematangkan rencana baru bagi PT BIJB. Meski begitu, pihaknya belum bisa menerangkan lebih lanjut. “Masih adalam proses, harapannya di 2022 semua [terkait PT BIJB] sudah ada kepastian,” katanya.

Sebelumnya, VP of Commercial & Technical BIJB Ari Widodo mengatakan saat ini penerbangan kargo di bandara seluas 1800 hektar tersebut masih terus berjalan dan aktif menerbangkan kargo ke sejumlah wilayah. “Kargo kita sudah berjalan, per hari sekitar 30-40 ton. Sehari itu bisa tiga sampai empat pesawat,” katanya kepada Bisnis, Kamis (14/7/2022).

Menurutnya BIJB terus aktif mendorong layanan penerbangan kargo domestik ke sejumlah daerah, antara lain Pontianak, Kalimantan Barat, dan Banjarmasin, Kalimantan Utara serta Kualanamu, Medan, Sumatera Utara. Penerbangan kargo juga dilakukan hingga ke Makasar, Sulawesi Selatan.

“Kargo ke Pontianak itu sehari bisa dua kali memakai pesawat Trigana, kalau Makasar dan Kualanamu itu kadang-kadang,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper