Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Produksi Susu Anjlok, Jabar Prioritaskan Vaksinasi PMK untuk Sapi Perah

Pemerintah Provinsi Jawa Barat memprioritaskan jatah vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak pada sapi perah sebelum beranjak pada hewan ternak lain.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 23 Juni 2022  |  15:43 WIB
Produksi Susu Anjlok, Jabar Prioritaskan Vaksinasi PMK untuk Sapi Perah
Seorang dokter hewan menyiapkan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) bagi hewan ternak sapi perah di Cilembu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Senin (20/6/2022). ANTARA FOTO - Raisan Al Farisi

Bisnis.com, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat memprioritaskan jatah vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak pada sapi perah sebelum beranjak pada hewan ternak lain.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jawa Barat Moh Arifin Soedjayana mengatakan vaksinasi PMK saat ini dilakukan di daerah yang menjadi sentra peternakan sapi perah, seperti Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Garut, Sumedang, Kuningan dan Bogor.

“Kami di DKPP Jabar telah menggandeng koperasi peternak sapi perah. Untuk memudahkan pendataan vaksinasi PMK itu berbasis NIK para peternak.” katanya di Bandung, Kamis (23/6/2022).

Menurutnya wabah PMK mengakibatkan produksi susu sapi perah di Jabar menyusut. Setiap harinya produksi susu sapi perah menyusut sebanyak satu ton.

PMK juga mengakibatkan kematian terhadap induk sapi perah. "[Sempat] Tinggal 20 persen produksinya. Turunnya 80 persen," katanya.

Arifin tak menyebutkan angka pasti terkait penurunan jumlah produksi susu sapi perah saat awal-awal wabah PMK. Namun, pihaknya memastikan kondisi yang merugikan peternak sapi perah itu perlahan bisa ditanggulangi.

Arifin memastikan penyusutan yang sebelumnya mencapai 80 persen, saat ini hanya sekitar satu ton.

"Sekarang satu ton hilang per hari. Penurunan sekarang. Kita seharinya itu di angka sekitar 300 ton. Dengan ini (penanganan PMK) satu ton hilang," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top