Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Minimalisir Kemacetan, Pemkab Karawang Upayakan Bangun Konektivitas Antar Kawasan Industri

Pemkab Karawang membangun konektivitas jalur antar kawasan industri di wilayah ini dengan Bekasi guna menanggulangi kemacetan di jalur Tol Jakarta-Cikampek.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, KARAWANG - Pemkab Karawang membangun konektivitas jalur antar kawasan industri di wilayah ini dengan Bekasi guna menanggulangi kemacetan di jalur Tol Jakarta-Cikampek.

Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh mengungkapkan di jam-jam tertentu kerap terjadi kemacetan di sekitar kawasan industri. Sehingga, hal ini perlu ditindaklanjuti dengan beberapa program. Yakni, pembangunan konektivitas jalan antar kawasan, simpang susun dan jalan arteri bagi masyarakat.

"Belum lama ini, kita sudah duduk bersama dengan sejumlah pengelola industri di Karawang dan Bekasi untuk membahas pembangunan tersebut," ujar Aep kepada wartawan.

Aep menjelaskan, dalam hal ini Pemkab Karawang hanya sebatas memberikan usulan, menggagas dan menjadi fasilitator rencana konektivitas jalan antar kawasan industri tersebut. Untuk actionnya, dikembalikan ke konsorsium kawasan industri masing-masing.

Adapun pembangunan konektivitas jalan antar kawasan industri dari mulai Cikarang, Bekasi, hingga kawasan Suryacipta di Kabupaten Karawang ini dimunculkan berdasarkan hasil kajian kinerja lalu lintas.

Hal mana, saat ini tiga ruas jalan utama yakni Jalan Tol Jakarta-Cikampek, jalan nasional Jakarta-Cikampek dan jalan inspeksi Kalimalang telah mengalami kepadatan lalu lintas yang cukup tinggi. Sehingga, perlu dilakukan pembangunan jalan konektivitas jalan antarkawasan industri Karawang-Bekasi.

Salah satu yang menjadi alasan munculnya gagasan tersebut, juga karena persoalan kemacetan yang kerap terjadi di akses Gerbang Tol Karawang Barat saat jam masuk dan pulang karyawan. Sehingga, sudah sangat diperlukannya konektivitas jalan antar kawasan industri.

"Konektivitas jalan antar kawasan industri Karawang-Bekasi nantinya akan dibangun dengan biaya dari pihak konsorsium di wilayah Karawang dan Bekasi," pungkasnya. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper