Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Urban Bee, Cara Warga Kota Bandung yang Sukses Raup Rupiah Lewat Budi Daya Lebah Trigona

Menurut Risna, budi daya lebah ini termasuk aman dan mudah. Sebab, lebah yang diternak merupakan lebah trigona yang tidak menyengat sehingga tidak berbahaya untuk masyarakat, terutama anak kecil.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 12 Juni 2022  |  15:15 WIB
Urban Bee, Cara Warga Kota Bandung yang Sukses Raup Rupiah Lewat Budi Daya Lebah Trigona
Budi daya lebah jenis trigona di pemukiman warga yang padat penduduk.
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG - Budi daya lebah madu identik dengan lahan yang luas serta berada di lingkungan yang jauh dari pemukiman. Namun, di Kota Bandung hal tersebut terbantahkan.

Tepatnya di Kelurahan Cibangkong, Kecamatan Batununggal. Puluhan kotak yang berisi koloni lebah jenis trigona ini berjejer di pemukiman warga yang padat penduduk.

Tidak hanya di Cibangkong, budi daya lebah ini juga terdapat di Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Sukajadi. Di sana terdapat 30-40 kotak ternak lebah.

Ketua Kelompok Tani Hutan Tamalago Risna Iriantina Lesmana merupakan salah satu orang yang berada di balik ini. Ia membantu masyarakat dengan pelatihan dan pendampingan Urban Bee.

"Di tengah kota pun kita bisa melakukan budi daya lebah ini karena tidak membutuhkan lahan luas seperti hutan atau kebun. Ini bisa menjadi lahan ekonomi produktif untuk masyarakat," ujar Risna, Minggu (12/6/2022).

Menurut Risna, budi daya lebah ini termasuk aman dan mudah. Sebab, lebah yang diternak merupakan lebah trigona yang tidak menyengat sehingga tidak berbahaya untuk masyarakat, terutama anak kecil.

"Tidak perlu lahan luas juga. Pinggir-pinggir rumah kita bisa ditanam tanaman rambat yang berbunga terus untuk pakan lebahnya," jelas Risna

Di lahan 50-100 meter pun sudah bisa budi daya lebah trigona. Hal yang terpenting adalah perbandingan populasi dengan vegetasinya adalah 1:3. Jadi, satu kotak lebah diberikan pakan dari tiga pohon.

Beberapa jenis tanaman yang mengandung getah, seperti mangga, nangka, dan sukun bisa digunakan untuk pakan lebah trigona.

Selain itu, bisa juga menanam tanaman yang menghasilkan nektar, seperti jambu dan air mata pengantin.

"Selain bisa jadi tempat budi daya, bisa juga memperindah lingkunga rumah kita," ucapnya.

Menariknya, madu ini bisa panen tiap tiga minggu sekali saat musim panas dan tiga bulan sekali di musim hujan.

"Sekali panen bisa 400 gram atau 0,4 ons per kotak lebah. 1 kg madu jenis trigona harganya bisa sampai Rp350.000. Berarti 0,4 ons itu bisa Rp150.000. Jadi memang nilai ekonominya termasuk tinggi," paparnya.

Ia berharap, ke depannya petani-petani Urban Bee bisa semakin bertambah dengan banyaknya lahan penghijauan.

"Kami berharap, image budi daya lebah itu jangan hanya di tengah hutan atau hanya petani di pinggiran hutan, tapi orang perkotaan juga bisa jadi peternak lebah," imbuhnya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

madu lebah budi daya
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top