Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jadi Tujuan Favorit, Kawasan Puncak Dipadati Warga Saat Liburan

Libur tanggal merah ini menjadi momentum mereka untuk melepas penat dari rutinitas.
Afiffah Rahmah Nurdifa
Afiffah Rahmah Nurdifa - Bisnis.com 26 Mei 2022  |  19:58 WIB
Situasi Jalur Puncak di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. - Antara
Situasi Jalur Puncak di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Kawasan puncak Bogor seringkali menjadi tujuan wisata masyarakat pada hari libur. Biasanya pelancong dari berbagai daerah akan mulai memadati sejumlah tempat wisata, termasuk pada hari ini Kamis (26/5/2022).

Libur tanggal merah ini menjadi momentum mereka untuk melepas penat dari rutinitas. Hal ini yang dirasakan salah satu pengunjung Taman Wisata Matahari di Cisarua, Bogor.

“Main aja sama anak mumpung tanggal merah. Disini sering disarankan sama teman katanya banyak wahana, jadi coba kesini” ujar Dani Satria (37) yang datang dari Parung bersama keluarganya.

Saat dikunjungi, tempat wisata keluarga tersebut sudah mulai dipenuhi pengunjung. Terlihat dari tempat parkir, mobil wara-wiri yang berlalu lalang, dan antrian panjang wahana. Taman Matahari juga disebutnya jadi salah satu tempat wisata yang terjangkau ekonomis.

Diketahui dari General Manager Taman Wisata Matahari, Herwan Setiawan, saat ini sedang ada promo paket Rp60.000 untuk 6 wahana dan makan siang. Ini menjadi strategi pengelola untuk menarik pengunjung.

“Kita ada promo Rp 60.000 untuk menarik pengunjung sudah termasuk makan dan 6 wahana. Lonjakan pengunjung sampai saat ini sudah 50% dari hari biasanya,” ujar Herwan saat ditemui di Front Office.

Selain itu, tempat lain yang ramai wisatawan hingga memicu kemacetan jalan utama yaitu Taman Safari dan Agrowisata Gunung Mas. Antrian kendaraan roda empat mengular menuju kebun binatang dan wisata alam tersebut.

Di hari libur ini, tarif tiket Taman Safari berkisar Rp 220.000 - Rp 250.000, sementara di hari biasa tiketnya dapat dibeli seharga Rp 200.000- Rp 230.000 per orang tergantung usia.

Sementara untuk Agrowisata Gunung Mas, dapat dikenakan harga Rp 15.500 untuk umum. Dengan harga tersebut, pengunjung dapat menikmati pemandangan kebun teh. Jika ingin mencoba outbound, naik kuda, hingga paralayang, maka akan dikenakan tarif sendiri.

Di sisi lain, restoran populer Cimory Riverside di Megamendung, Cisarua pun jadi tempat perhentian yang dipadati pengunjung. Pasalnya, selain restoran terdapat tempat perbelanjaan oleh-oleh produk Cimory.

Rina Anggraeni (28) dari Depok datang untuk membeli sejumlah makanan khas. Namun, alih-alih berlibur ke wilayah Puncak, ia memilih untuk berwisata ke wilayah Banjarsari, Ciawi dimana terdapat Chevilly Resort & Camp.

“Rame dan tempatnya bagus juga lihat di foto internet. Kalo ke atas macet jadi abis ini ke bawah lagi kesana,” ujarnya.

Melihat kondisi lalu lintas saat ini tengah diberlakukan one way ke arah Simpang Gadog. Sehingga jalur menuju arah puncak sendiri ditutup dari pukul 11.00 hingga kepadatan terlerai di titik-titik kemacetan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

puncak bogor
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top