Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bank Indonesia Jabar Kembali Gelar KKJ dan PKJB 2022, Dongkrak Industri Animasi dan Teh

Selain menampilkan beragam produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), gelaran ini juga akan mengampanyekan keunggulan teh Jawa Barat.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 13 Mei 2022  |  22:56 WIB
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Herawanto (tengah) pada acara Media Briefing KKJ dan PKJB 2022 di Kantor Bank Indonesia Jawa Jawa Barat, Kota Bandung, Jumat (13/5/2022). - Bisnis
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Herawanto (tengah) pada acara Media Briefing KKJ dan PKJB 2022 di Kantor Bank Indonesia Jawa Jawa Barat, Kota Bandung, Jumat (13/5/2022). - Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Bank Indonesia Perwakilan Jawa Barat kembali akan menggelar Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) 2022.

Yang menarik, selain menampilkan beragam produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), tapi juga gelaran ini akan mengampanyekan keunggulan teh Jawa Barat.

Gelaran KKJ-PKJB 2022 kali ini Bank Indonesia Jawa Barat akan mengusung tema "Ekonomi Hijau dan Keuangan Inklusif untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi yang Berkelanjutan" akan dilaksanakan selama tiga hari pada tanggal 14 hingga 16 Mei 2022 bertempat di Trans Convention Center, Kota Bandung.

Selain mangampanyekan keuanggulan produk teh di Jawa Barat, dalam acara tersebut juga akan menyorot bagaimana industri kreatif digital salah satunya animasi di Jawa Barat yang berkembang pesat sebagai industri masa depan.

"Sekarang kami menuju ke karya kreatif yang lebih luas lagi, sehingga pada KKJ dan PKJB 2022 termasuk karya animasi. Jadi ini saya sebut sebagai masa depan kita bersama," kata Kepala Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Herawanto pada acara Media Briefing KKJ dan PKJB 2022 di Kantor Bank Indonesia Jawa Jawa Barat, Kota Bandung, Jumat (13/5/2022).

Herawanto mengatakan, KKJ-PKJB 2022 ini akan melibatkan 12.000 UMKM unggulan di Jawa Barat dari berbagai bidang, seperti produk kriya, fesyen, kerajinan tangan, kuliner, kopi dan tentu saja teh. Selain pelaku UMKM pelaku pariwisata di Jawa Barat juga akan dilibatkan.

"Total ada 85 UMKM binaan kami yang ditampilkan selama acara berlangsung. Sebenarnya jumlah UMKM yang ikut serta lebih dari segitu, cuma yang di-display-kan saat acara itu 85," kata dia.

Dalam acara ini juga Herawanto menjelaskan akan ada Business Matching dengan mempertemukan pelaku usaha di Jawa Barat yang telah dikurasi untuk bertemu langsung dengan pembeli baik pembeli domestik atau pun ekspor.

Selain itu, dalam acara tersebut juga para pelaku UMKM juga akan dipertemukan dengan pihak yang bisa memberikan permodalan.

Business Matching ini menurut Herawanto merupakan hasil kolaborasi Kantor Perwakilan Bl Jawa Barat dengan Indonesia Trade Promotion Center (IT PC), Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Luar Negeri antara 5 UMKM unggulan Jawa Barat dengan potential buyer dari berbagai negara.

Selain beberapa kegiatan di atas, acara juga akan dimeriahkan dengan digital discussion, implementasi QRIS, berbagai penampilan hiburan menarik Iainnya untuk mempromosikan UMKM dan pariwisata di Jawa Barat secara nasional, serta kompetisi bergengsi yang kami buka untuk umum, termasuk rekan media dan jurnalis yaitu kompetisi video pendek, animasi dan photo on the spot berkolaborasi dengan Media Harian Bisnis Indonesia.

Ia menambahkan rangkaian opening ceremony akan dihadiri tokoh penting di Indonesia seperti Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki; Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Doni Primanto Joewono, dan Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil. (K34)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bank Indonesia umkm
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top