Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Lebaran, Kuy Mampir ke Waduk Jatiluhur

Danau terbesar di Jabar yang lebih dikenal dengan Waduk Jatiluhur itu, juga menjadi salah satu destinasi wisata alam terfavorit para pelancong di berbagai daerah.
Area wisata water sport di Waduk Jatiluhur/Bisnis-Asep Mulyana
Area wisata water sport di Waduk Jatiluhur/Bisnis-Asep Mulyana

Bisnis.com, PURWAKARTA - Libur lebaran bingung mau kemana? Mungkin tak ada salahnya mampir ke Kabupaten Purwakarta. Pasalnya, di kabupaten kecil ini banyak lokasi indah yang sangat cocok untuk berwisata.

Sebut saja Waduk Ir Djuanda di Kecamatan Jatiluhur salah satunya. Ya, danau terbesar di Jabar yang lebih dikenal dengan Waduk Jatiluhur itu, juga menjadi salah satu destinasi wisata alam terfavorit para pelancong di berbagai daerah.

Wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata tersebut akan disuguhi pemandangan alam nan eksotis. Tak hanya itu, di lokasi ini pun tersedia wahana air yang cukup menyenangkan. Yakni, Jatiluhur Water World (JWW). Lokasi ini, merupakan kawasan wahana air buatan yang lokasinya berada di kawasan Jatiluhur Valley Resort.

Bukan hanya itu, banyak variasi yang ditawarkan pihak pengelola ke masyarakat yang datang lokasi wisata Jatiluhur ini. Yakni, wisata edukasi serta Kuliner. Untuk wisata edukasi, setiap pengunjung bisa melihat-lihat soal bendungan dan turbin sebagai pembangkit listrik.

Bagi pecinta olahraga, bisa juga mencoba water sport di area D'Bay water sport center diantaranya canoe, paddle, dan dragon boat. Kemudian pengunjung bisa juga menikmati kuliner khas Waduk Jatiluhur yang salah satunya berbahan dasar ikan patin.

Untuk pengunjung dari luar kota yang ingin bermalam, PJT II juga menyediakan hotel dan bungalow. Mungkin, salah satu kekuatan Jatiluhur hotel dan resort yang membedakan dengan hotel lainnya di Purwakarta, yaitu pesona alamnya.

Ada satu hal yang lebih menarik lagi. Ya, di lokasi wisata ini ada sebuah tempat terbaik untuk melihat sunset di bendungan raksasa ini. Tempat yang diberi nama Lake View Istora Jatiluhur ini persis berada di sekitar bendungan utama.

Di lokasi ini, terdapat Istora Cafe & Resto dan juga coffee bar yang bernama Kopi Tarum yang khusus menyediakan menu kopi dari aliran sungai citarum.

Pengunjung yang menikmati makanan dan minuman di sini dapat menikmati landscape Gunung Batu, yakni Gunung Parang dan Gunung Bongkok yang terhampar di depan mata menjadi pemandangan tersendiri ketika kita berada di kafe.

Tertarik datang ke sini? Wisatawan tak perlu takut merogoh kocek terlalu dalam. Karena, untuk masuk ke kawasan ini harga tiketnya hanya Rp 20.000 per orang untuk hari biasa dan Rp25.000 per orang untuk yang masuk di hari libur.

"Di momen libur lebaran nanti kawasan wisata Jatiluhur bisa dinikmati. Tentunya, kami pun menerapan SOP secara ketat sesuai protokol kesehatan yang jadi arahan pemerintah," ujar General Manager Unit Usaha Pariwisata PJT II Jatiluhur Dadan Hidayat dalam keterangannya, Jumat (29/4/2022)

Dalam hal ini, pihaknya menjamin keamanan dan kenyamanan pengunjung. Apalagi, PJT II Jatiluhur telah mendapat sertifikat dari Gugus Tugas Covid-19 dan sertifikat internasional terkait pelayanan.

Dia menambahkan, pengunjung tidak perlu khawatir lagi kalau pun ingin bermalam di kawasan wisata Jatiluhur. Pihaknya menjamin, hotel dan bungalow di kawasan ini menjadi tempat istirahat yang aman dan nyaman. Karena, pihak pengelola mengintensifkan sterilisasi lokasi tersebut. Salah satunya, dengan upaya penyemprotan disinfektan.

"Restoran kami juga menyajikan makanan dari kitchen and chef yang menerapkan protap Covid-19, sehingga dijamin higienis," pungkasnya. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper