Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 5 Pantai Paling Dekat dari Bandung, Bisa Diakses Sambil Mudik

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat (Disparbud Jabar) memiliki rekomendasi pantai yang dekat dari Kota Bandung. 
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 20 April 2022  |  22:47 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menikmati keindahan salah satu pantai di Jawa Barat. - Istimewa
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menikmati keindahan salah satu pantai di Jawa Barat. - Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat (Disparbud Jabar) memiliki rekomendasi pantai yang dekat dari Kota Bandung. 

Rekomendasi ini bisa menjadi pilihan Anda yang mengambil jalur mudik via jalur pantai Selatan dan utara. Ini daftarnya.

1. Pantai Rancabuaya
Pantai Rancabuaya terletak di Kabupaten Garut. Pantai ini merupakan salah satu pantai paling dekat dari Kota Bandung, dengan durasi perjalanan kurang lebih 3 jam 50 menit via Jalur Ciwidey-Cidaun atau 4 jam via Jalur Pangalengan.

Salah satu daya pikat pantai ini adalah air lautnya yang memiliki tiga warna yang kontras. Jika dilihat dari dekat, air laut ini sangat jernih, namun bila dilihat dari udara akan terlihat perpaduan tiga warna yakni putih, hijau dan biru tua karena berbagai faktor geografis.

Destinasi wisata ini juga terkelola dengan baik, di sana pun terdapat berbagai fasilitas seperti gazebo, musala, ruang bilas dan toilet. 

2. Pantai Santolo
Bergeser dari ke arah Barat dari Pantai Rancabuaya, Pantai Santolo yang masih berada di Kabupaten Garut juga bisa menjadi alternatif wisata pantai yang dekat dari Bandung. 

Dari Bandung, Santolo bisa ditempuh durasi sekitar 4 jam 37 menit via Jalur Ciwidey-Cidaun. Pantai ini menyajikan suasana tenang dengan panorama pantai selatan yang indah dengan biota lautnya yang beragam.

Di sini tersedia berbagai atraksi dan permainan air seperti penyewaan perahu untuk menyusuri lautan, dan juga banana boat yang bisa dijajal sambil seru-seruan bareng teman-teman.

3. Pantai Jayanti
Keberadaan Pantai Jayanti belum sepopuler pantai Santolo atau Rancabuaya, tetapi pantai yang terletak di Cidaun, Kabupaten Cianjur ini juga tak kalah menariknya untuk dikunjungi.

Pantai Jayanti ini merupakan salah satu pantai terdekat dari Bandung, durasi tempuhnya sekitar 3 jam 41 menit dari Bandung. Panorama dari Jayanti sedianya menjadi pemandangan pembuka sebelum menjelajah pantai selatan lainnya, seperti Santolo atau Rancabuaya.

Fasilitas di Jayanti belum selengkap pantai primadona lainnya, namun itulah yang menjadi salah satu keunggulannya sebab pantai ini masih sangat asri dan belum terjamah industri.

4. Pantai Sayang Heulang
Masih di Garut, Pantai Sayang Heulang merupakan salah satu destinasi pantai yang dekat dengan Kota Bandung. Jarak tempuhnya sekitar 4 jam 57 menit jika ditempuh lewat jalur Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Tak hanya soal pemandangan dan bentang alamnya yang menawan, di sini juga terdapat gundukan pasir yang eksotis sehingga kerap dijuluki 'Sahara van Garut'. Sekilas mirip Parangkusumo di Bantul DIY, yang bisa dimanfaatkan traveler untuk berfoto seperti di gurun pasir timur tengah.

Beberapa waktu lalu Ridwan Kamil bahkan meresmikan ikon baru dan fasilitas pedestrian di pantai tersebut.

5. Pantai Pondok Bali
Pantai Pondok Bali di Kabupaten Subang, barangkali merupakan salah satu pantai yang paling dekat dari Kota Bandung yang berada dalam daftar ini. Sebab, waktu tempuh ke pantai ini hanya memakan waktu sekitar 2 jam 37 menit via Tol Cipularang dan Jalan Raya Pantura.

Dilansir dari laman subang.go.id, yang menjadi ciri khas Pantai Pondok Bali ialah hamparan pasir putih yang membentang di sepanjang bibir pantai. Aneka kegiatan yang bisa di lakukan oleh patra wisatawan seperti berenang, memancing di laut. Pemandangan saat matahari tenggelam pun menjadi incaran wisatawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata jabar pemprov jabar
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top