Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jelajah Petani Milenial Juara: BJB Salurkan Kredit untuk Petani Milenial Tanaman Hias

Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Banten (Bank BJB) terus memberikan dukungan pada perkembangan petani milenial. Dukungan diberikan lewat penyaluran kredit dan pembinaan para petani.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 13 April 2022  |  18:30 WIB
Jelajah Petani Milenial Juara: BJB Salurkan Kredit untuk Petani Milenial Tanaman Hias
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG — PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Banten Tbk. (Bank BJB) terus memberikan dukungan pada perkembangan petani milenial. Dukungan diberikan lewat penyaluran kredit dan pembinaan para petani.

Terbaru, BJB cabang Padalarang menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) dengan CV Berkah Bunga Abadi Tentang Penyaluran KUR Pola Kemitraan Kepada Petani Tanaman Hias Mitra Binaan di Kabupaten Bandung Barat.

PKS dilakukan Pemimpin Cabang Padalarang Desi Sri Rahayu dan CV Berkah Bunga Abadi diwakili oleh Direktur Utama Riki Subagja akhir Maret lalu. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pemimpin Divisi Kredit UMKM Denny Mulyadi dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bandung Barat Heru Budi Purnomo.

Dari keterangan yang diperoleh Bisnis, dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan KUR secara simbolis kepada petani tanaman hias mitra binaan CV Berkah Bunga Abadi yakni Riki Subagja.

Riki merupakan contoh anak muda yang memilih profesi menjadi petani, Petani Milenial yang tidak menyerah dengan kegagalan dan memanfaatkan teknologi dengan melihat peluang pasar luar negeri untuk komoditas tanaman hias.

Hampir sebagian besar hasil budi dayanya dipasarkan ke negara Amerika, Eropa dan negara lainnya dengan omset ratusan juta per bulan. Untuk meningkatkan volume produksi dalam memenuhi kebutuhan pasar Riki bermitra dengan para Petani Milenial di sekitar lingkungan desa.

Dalam sambutannya Pemimpin Divisi Kredit UMKM Denny Mulyadi menyampaikan bahwa kerja sama ini dilakukan dalam menjalankan salah satu misi Bank BJB yaitu Memberikan kontribusi dan berpartisipasi sebagai penggerak dan pendorong laju perekonomian daerah.

“Dengan kerja sama ini diharapkan ekonomi di pedesaan dapat meningkat melalui budi daya tanaman hias oleh para Petani Milenial. Bank BJB bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Program Petani Milenial sebagai salah satu solusi dalam menyelesaikan permasalah dalam sektor pertanian,” katanya.

Menurutnya kerja sama ini sangat sesuai dengan jargon program tersebut yaitu Tinggal Di Desa, Rezeki Kota, Bisnis Mendunia dimana para petani milenial melakukan budi daya tanaman hias di sekitar desa dengan penghasilan diatas UMR dengan pasar Amerika, Eropa dan negara lainnya.

Pihaknya juga memastikan Bank BJB sangat concern dengan masa depan para petani, Bank BJB mempunyai produk dana pensiun yang bisa dinikmati oleh para petani melalui Produk DPLK sehingga para petani dapat merencanakan masa depannya dengan baik.

Bisnis Indonesia perwakilan Jawa Barat menggelar Program Jelajah Petani Milenial Juara. Perjalanan jurnalistik ini turut didukung oleh Humas Jabar dan Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat, Dinas Kehutanan Jawa Barat, Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Barat, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Jawa Barat, Dinas Perkebunan Jawa Barat, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jawa Barat, dan Bank BJB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank bjb petani milenial
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top