Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PJT II Jatiluhur dan Korea Berkolaborasi Kembangkan Pengelolaan SDA

Adapun isi dari kerja sama itu, lebih kepada kesepakatan keduanya untuk saling mendukung inovasi korporasi meliputi kegiatan peningkatan kompetensi dan kapasitas serta pertukaran keahlian dan teknologi.
Pandatangan MoU antara PJT II Jatiluhur dengan K-Water/Istimewa
Pandatangan MoU antara PJT II Jatiluhur dengan K-Water/Istimewa

Bisnis.com, PURWAKARTA – Perum Jasa Tirta (PJT) II Jatiluhur berkolaborasi dengan Korea Water Resources Corporation (K-Water) guna mengembangkan pengelolaan dan pengusahaan sumber daya air (SDA) di Indonesia.

Secara resmi, kerja sama strategis tersebut telah dilakukan belum lama ini. Adapun tujuan dari kerja sama ini, tak lain untuk membangun kemitraan strategis melalui peningkatan peran dan kapasitas masing-masing pihak di bidang Pengembangan Pengelolaan dan Pengusahaan SDA di Indonesia.

"Ini juga merupakan bagian dari rencana strategis PJT II Jatiluhur," ujar Direktur Utama Jasa Tirta II Imam Santoso dalam keterangannya, Jumat (18/3/2022).

Imam menjelaskan, penandatangan MoU telah dilakukan dirinya bersama CEO K-Water Park Jae-hyeon awal pekan kemarin. Kerja sama dua Negara itu juga turut disaksikan Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Ir. Jarot Widyoko Sp-1.

Adapun isi dari kerja sama itu, lanjut Imam, lebih kepada kesepakatan keduanya untuk saling mendukung inovasi korporasi meliputi kegiatan peningkatan kompetensi dan kapasitas serta pertukaran keahlian dan teknologi.

Kemudian juga kerja sama di bidang inovasi teknologi yang secara kesepakatan kedua pihak akan melaksanakan kegiatan studi, perencanaan, dan penerapan teknologi Pemanfaatan Sumber Daya Air termasuk Smart Water Management dan Teknologi Komunikasi Informasi.

"Selain itu, poin kerja sama juga mencakup pengembangan usaha meliputi penyediaan informasi, kajian kelayakan, pendanaan investasi dan pembangunan infrastruktur," kata dia.

Menurut dia, program ini sejalan dengan tujuan pelaksanaan The 2nd Asia International Water Week (AIWW) untuk berbagi praktik terbaik dan pembelajaran, serta kebijakan air inovatif dan solusi teknis dengan tema 'Sustainable, Clean, and Sufficient Water for All.'

Seperti diketahui, PJT II Jatiluhur merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki tugas menyelenggarakan pemanfaatan umum atas air dan sumber-sumber air yang bermutu dan memadai bagi pemenuhan hajat hidup orang banyak.

Sehingga, kerjasama dengan K-Water ini diharapkan dapat meningkatkan kontribusi PJT II Jatiluhur dalam hal pemanfaatan sumber daya air di Indonesia. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper