Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PJT II Kembali Galakkan Penghijauan di Kawasan Greenbelt Waduk Jatiluhur

Direktur Operasi dan Pemeliharaan PJT II Jatiluhur Anton Mardiyono mengatakan perusahaannya memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan konservasi dan pengendalian daya rusak air.
Asep Mulyana
Asep Mulyana - Bisnis.com 15 Desember 2021  |  15:31 WIB
Penanaman pohon di sekitar Bendungan Jatiluhur
Penanaman pohon di sekitar Bendungan Jatiluhur

Bisnis.com, PURWAKARTA - Perum Jasa Tirta (PJT) II kembali menggalakkan penghijauan di kawasan Bendungan Ir Djuanda (Jatiluhur). Upaya seperti ini perlu dilakukan guna melindungi kelestarian alam di kawasan ini, terutama di sepanjang DAS Citarum.

Direktur Operasi dan Pemeliharaan PJT II Jatiluhur Anton Mardiyono mengatakan perusahaannya memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan konservasi dan pengendalian daya rusak air.

Salah satu caranya, dengan menggalakan penghijauan. Upaya penghijauan di sekitar Bendungan Jatiluhur, sebenarnya bukan hanya dilakukan baru-baru ini. Tapi, juga telah dilakukan sejak bertahun-tahun lalu.

"Penanaman pohon ini, bagian dari program gerakan BUMN Hijaukan Indonesia dalam rangka memperingati Bulan Menanam Pohon Nasional," ujar Anton dalam keterangannya, Rabu (15/12/2021).

Dia menjelaskan, untuk pohon yang di taman kali ini ada sebanyak 200 pohon. Jenisnya, lebih ke pohon produktif, di antarany jenis pohon matoa, durian, mangga, rambutan dan alpukat. Tahun ini, Jasa Tirta II menargetkan 15.000 penanaman pohon di wilayah kerja.

"Kegiatan penanaman pohon ini, juga bagian dari upaya kami memulihkan kesuburan tanah, melindungi tata air, kelestarian daya dukung lingkungan serta mengembalikan fungsi hidrologi sekitar kawasan Greenbelt Waduk Jatiluhur," jelas dia.

Anton mengklaim, sejauh ini perusahaannya juga telah melaksanakan konservasi di beberapa titik. Termasuk berkolaborasi dengan pemerintah daerah, BBWS, Dinas terkait dan beberapa komunitas.

Semangat kolaborasi ini kita lakukan untuk membentuk kesadaran bersama membangun dan melestarikan Sumber Daya Air dengan menanam pohon bersama sebagai upaya pelestarian lingkungan. (K60)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

waduk jatiluhur purwakarta
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top