Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menengok Gebang Cirebon, Daerah Pesisir yang Siap Disulap Jadi Kawasan Industri

Kecamatan Gebang yang masuk ke dalam wilayah perencanaan tersebut seluas 3.590 hektare itu, dengan jumlah desa sebanyak 13.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 16 Februari 2022  |  20:10 WIB
Menengok Gebang Cirebon, Daerah Pesisir yang Siap Disulap Jadi Kawasan Industri
Perahu nelayan berlayar mencari ikan di Pantai Baro Gebang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Kamis (25/6/2020). Bisnis - Rachman
Bagikan

Bisnis.com, CIREBON - Sebanyak 3.590 hektare lahan di Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, diplot menjadi kawasan industri. Upaya itu dilakukan mendukung pengembangan kawasan Metropolitan Rebana.

Berdasarkan informasi, Kecamatan Gebang yang masuk ke dalam wilayah perencanaan tersebut seluas 3.590 hektare itu, dengan jumlah desa sebanyak 13.

Belasan desa tersebut yakni, Dompyong Kulon, Dompyong Wetan, Kalimekar, Kalimaro, Gagasari, Kalipasung, Gebang Kulon, Gebang Udik, Gebang Mekar, Gebang Ilir, Pelayangan, dan Mekarsari.

Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengatakan saat ini rencana detail tata ruang (RDTR) untuk wilayah Kecamatan Gebang masih dalam proses penyusunan.

Dikatakan Imron, RDTR merupakan upaaya pemanfaatan ruang bagian wilayah kota secara terperinci untuk penyiapan perwujudan ruang dalam rangka pengaturan zonasi, perizinan, dan pembangunan kawasan.

Dalam kegiatan penyusunan RDTR Kecamatan Gebang, kata Imron, diharapkan menjadi acuan dalam pemanfaatan dan pengendalian ruang di kecamatan tersebut.

"Penyusunan ini sesuai instruksi Presiden Joko Widodo yang meminta pemerintah daerah menyiapkan RDTR agar pembangunan bisa mempertimbangkan daerah rawan bencana," kata Imron di Kabupaten Cirebon, Rabu (16/2/2022).

"Pernyataan itu disampaikan oleh Presiden dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional Kementerian ATR/BPN Tahun 2019," imbuhnya.

Sebelumnya, Direktur Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah I Direktorat Jenderal Tata Ruang Kementerian ATR/BPN RI Reny Windyawati mengatakan Kecamatan Gebang adalah kawasan strategis yang memiliki sudut kepentingan pertumbuhan pertumbuhan ekonomi.

Kecamatan tersebut, kata Reny, merupakan wilayah yang sangat tepat untuk dijadikan kawasan industri, pergudangan wilayah timur, dan kawasan pesisir terpadu.

"Mewujudkan ruang Kawasan Kecamatan Gebang sebagai pusat pengembangan industri dan pariwisata yang mendukung pengembangan kawasan Cirebon Timur, dengan Berlandaskan tangguh bencana dan berkelanjutan," kata Reny.

Pantauan Bisnis.com, Kecamatan Gebang merupakan salah satu wilayah timur. Kabupaten Cirebon. Daerah tersebut pun berada di pesisir pantai laut utara (Pantura).

Wilayah tersebut dikenal sebagai salah satu wilayah padat penduduk. Sebagian warganya berprofesi sebagai nelayan atau pengolah hasil laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon Metropolitan Rebana
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top