Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Garut Wacanakan Pembangunan Kawasan Industri Hasil Tembakau

Pemerintah Kabupaten Garut mewacanakan pembangunan kawasan industri hasil tembakau (KIHT).
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 04 Februari 2022  |  13:26 WIB
Buruh tani merawat tanaman tembakau di Sekejengkol, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/1/2022). ANTARA FOTO - Raisan Al Farisi
Buruh tani merawat tanaman tembakau di Sekejengkol, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/1/2022). ANTARA FOTO - Raisan Al Farisi

Bisnis.com, GARUT - Pemerintah Kabupaten Garut mewacanakan pembangunan kawasan industri hasil tembakau (KIHT). Upaya tersebut diklaim sebagai upaya keberpihakan pemerintah kepada petani tembakau.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Kabupaten Garut Nia Gania Karyana mengatakan, di dalam kawasan industri ini meliputi tempat produksi, perizinan, dan kemudahan cukai.

"Ini juga sebagai upaya untuk mengurangi beredarnya rokok ilegal serta menumbuhkan industri lokal," kata Nia melalui keterangan tertulis, Jumat (4/2/2022).

Nia mengatakan, bersama pelaku industri rokok, pihaknya melakukan survey untuk membangun kawasan industri tersebut.

Dari hasil survey tersebut, pihaknya memetakan salah satu titik di Kabupaten Garut yakni, Kecamatan Leles menjadi KIHT.

"Saya lihat sebelumnya salah satu industri rokok di Kabupaten Garut. industri itu, akan segera di ekspor ke Jepang," katanya.

Nia mengatakan, semakin banyak rokok dibuat, mama emakin meningkat pula perekonomian masyarakat, khususnya yang bergelut di bidang tembakau ini.

"Semakin banyak rokok dibuat sebetulnya akan semakin meningkatkan ekonomi masyarakat, kita bangga dengan rokok Garut dan kita bangga dengan petani tembakau Garut, sebab kalau petani tidak hidup rokok pun tidak ada, jadi jaya petani Garut, jaya pengusaha Garut, dan jaya Rokok Garut di Indonesia dan di luar negeri," kata Nia.

Ia berharap nantinya setelah KIHT dipusatkan dalam satu kawasan bisa menambah jumlah cukai dan mempermudah penegakan hukum di Kabupaten Garut terkait cukai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tembakau garut
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top