Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

April Nanti, Muda-mudi Kota Bandung Bisa Akad Nikah di Mal Pelayanan Publik Jalan Cianjur

Pemerintah Kota Bandung memastikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Bandung yang berlokasi di Jalan Cianjur akan menyediakan fasilitas berupa gerai akad yang merupakan hasil kerja sama dengan Kementerian Agama.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 26 Januari 2022  |  14:33 WIB
Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Bandung Ronny Ahmad Nurudin (kiri)
Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Bandung Ronny Ahmad Nurudin (kiri)

Bisnis.com, BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung memastikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Bandung yang berlokasi di Jalan Cianjur akan menyediakan fasilitas berupa gerai akad untuk memudahkan muda-mudi yang hendak melepas masa lajang.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Bandung Ronny Ahmad Nurudin mengatakan fasilitas ini akan mulai diaktivasi pada April 2022 mendatang.

"Gerai akad ini bentuk kerja sama kami dengan Kementerian Agama (Kemenag). Bagi warga yang sudah mendaftarkan jadwal pernikahannya di Kemenag untuk melakukan proses akad nikah, akan kami siapkan tempatnya di sini," ujar Ronny, Rabu (25/1/2022).

Konsep ruangannya, imbuh Ronny, akan disesuaikan dan dibuatkan Standar Operasional Prosedur (SOP) dari awal sampai proses akad selesai.

"SOP akan kami lengkapi bersama Kementerian Agama. Orientasi gerai akad ini memang ditujukan bagi masyarakat yang kurang mampu," jelasnya.

Menurut Ronny, dengan begitu, warga tidak perlu ke KUA atau bingung mencari lokasi akad jika rumahnya tidak memungkinkan untuk menggelar akad.

"Jadi nanti warga tidak perlu bingung mau akad di mana. Kami akan bantu untuk kemas ruangannya dengan suasana yang juga baik," imbuhnya.

Menanggapi ide gerai akad ini, Pelaksana Harian Perwakilan Ombudsman Jawa Barat Dominikus Dalu mengapresiasi upaya pelayanan publik yang akan digarap Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

"Kerinduan masyarakat ingin mendapatkan pelayanan publik yang baik, sekarang sudah difasilitasi dengan adanya MPP. Silakan warga gunakan sebaik mungkin. Kami dari Ombudsman siap menjadi mitra Pemkot Bandung untuk memberikan pelayanan terbaik," tutur Dominikus.

Dominikus juga menyebutkan, tahun lalu Kota Bandung mendapatkan penghargaan sebagai penyedia pelayanan publik terbaik.

Ia berharap, dengan adanya MPP ini bisa semakin memudahkan masyarakat yang butuh pelayanan.

"Tahun depan, kami juga akan meningkatkan indikator penilaian pada aspek pelayanan publik secara digital. Semoga dengan adanya MPP dan semua fasilitasnya bisa menjadikan Bandung semakin lebih baik," tuturnya. (k34)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemkot bandung mal pelayanan publik (MPP)
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top