Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bertemu Menteri PUPR, Dahana Unjuk Kemampuan Peledakan di Sektor Konstruksi

Jajaran direksi BUMN yang bergerak di bidang bahan peledak ini disambut baik Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di ruangannya.
Jajaran direksi PT Dahana bertemu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kedua kanan)./Istimewa
Jajaran direksi PT Dahana bertemu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kedua kanan)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Jajaran direksi PT Dahana melakukan kunjungan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam rangka memperkenalkan Board of Directors (BOD) yang baru sekaligus membangun sinergi dan kolaborasi untuk mendukung proyek-proyek infrastruktur pemerintah.

Jajaran direksi BUMN yang bergerak di bidang bahan peledak ini disambut baik Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di ruangannya di Jakarta pada Senin (24/1/2022).

Menteri PUPR dalam kesempatan tersebut didampingi oleh Sekretaris Jenderal, Inspektur Jenderal, dan Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR. Sementara Direktur Utama PT Dahana Wildan Widarman didampingi oleh Direktur Teknologi & Pengembangan Suhendra Yusuf RPN, Direktur Operasi Bambang Agung dan Direktur Keuangan, MR dan SDM Ahyanizzaman.

Dalam kesempatan tersebut, Wildan Widarman menyampaikan bahwa Dahana memiliki kemampuan dalam mendukung Proyek Strategis Nasional (PSN) di sektor konstruksi dengan layanan total explosives solution yang dapat mempercepat proses pembangunan.

“Dahana siap berkontribusi lebih baik lagi di kompetensi keahlian Dahana dalam proyek-proyek tersebut, kami berterima kasih atas komitmen Kementerian PUPR untuk menggunakan produk bahan peledak dalam negeri,” ungkap Wildan, dalam keterangan yang diterima Bisnis, Selasa (25/1/2022).

Sementara itu, Menteri Basuki menyambut baik sinergi dan kolaborasi dengan Dahana, pihaknya juga menyatakan akan mendorong jajaran Kementerian PUPR, BUMN Karya, dan kontraktor-kontraktor konstruksi yang membutuhkan layanan blasting untuk menggunakan layanan dalam negeri.

“Hal ini merupakan upaya untuk meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) seperti yang diamanahkan oleh Presiden Joko Widodo beberapa saat lalu,” ungkap Basuki Hadimuljono.

Pemerintah hingga saat ini terus mengejar pemerataan pembangunan di seluruh kawasan Indonesia, dengan membangun proyek infrastruktur seperti pembangunan jalan tol di Jawa (Bawen-Yogya), Sumatera (Pekanbaru-Padang), dan beberapa pembangunan tol lainnya. Selain itu, pemerintah juga sedang membangun 39 proyek bendungan.

Basuki berharap, metode dan teknologi pengeboran dan peledakan milik Dahana diharapkan dapat mempercepat proses pembangunan infrastruktur, khususnya yang dikerjakan oleh BUMN Karya, sehingga hasil pembangunan dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat.

Sebelumnya, Dahana juga terlibat dalam menyukseskan beberapa proyek infrastruktur milik pemerintah seperti Proyek pembangunan PLTU Suralaya 2 X 1000 MW, Tol trans Sumatera sektor Lampung, Bendungan Tugu Trenggalek, Pembuatan Jalan Akses Mandeh Sumatera Barat, Bendungan Jati Gede, Swityard PLTU Salira dan proyek Pembangunan Strategis Nasional (PSN) lainnya.

Arahan Menteri Basuki ini disambut baik oleh Direktur Teknologi dan Pengembangan Dahana Suhendra Yusuf RPN, pihaknya mengapresiasi upaya yang akan dilakukan oleh Menteri PUPR dalam kolaborasi dengan Dahana.

“Alhamdulillah respon Menteri PUPR dan jajarannya sangat bagus dan responsif. Tentunya Dahana siap dan akan memberikan layanan terbaiknya di bidang peledakan di sektor konstruksi guna mendukung pembangunan nasional yang lebih cepat dan aman,” ujar Suhendra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ajijah
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper