Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jika Ditunjuk Jadi Kepala Otorita IKN, Warga Doakan Ridwan Kamil Jadi Capres

Warga mendukung jika Ridwan Kamil terpilih menjadi pemimpin IKN karena tepat dengan kriteria yang disampaikan presiden.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Bisnis.com, BANDUNG--Rumor Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bakal dipilih Jokowi menjadi Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) ditanggapi positif oleh warga Bandung.

Rumor tersebut mencuat pasca-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghendaki Kepala Otorita IKN berlatar belakang kepala daerah dan arsitek.

Bambang Arif, warga Kota Bandung menilai jika Ridwan Kamil terpilih menjadi pemimpin IKN pihaknya mendukung karena tepat dengan kriteria yang disampaikan presiden. "Kalau Pak Jokowi pilih Kang Emil kayanya pas banget sama kriterianya," katanya, Jumat (21/1/2022).

Namun jika Ridwan Kamil benar-benar menjadi Kepala Otorita IKN, pihaknya tetap berharap, Ridwan Kamil tetap maju sebagai capres di Pilpres 2024.

"Supaya ada harapan baru untuk Indonesia yang lebih baik karena sejauh ini, kinerja dan integritasnya luar biasa keren," ujarnya.

Budi, warga Sumedang kepada Bisnis mengaku Ridwan Kamil sosok tepat untuk memimpin IKN karena kualitas dan kapasitasnya yang dimilikinya selama ini.

"Saya dukung dan mengapresiasi jika Pak Ridwan Kamil menjadi calon Kepala Otorita Ibu Kota Negara karena sangat ditunjang dengan pengetahuan, pengalaman, dan kecakapan beliau mengenai pemetaan dan pengelolaan infrastruktur ruang tata kota beserta cakupan ruang lingkup yang lain," jelasnya.

Menurutnya kepercayaan dari Jokowi jika benar harus diambil karena bisa menjadi jalan bagi Ridwan Kamil menjadi pemimpin masa depan. "Kalau IKN bisa sukses dan lancar, saya berharap Ridwan Kamil jadi presiden berikutnya," katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyebut kriteria Kepala Otorita IKN bernama Nusantara itu adalah kepala daerah dan berlatar belakang arsitek. Otorita IKN Nusantara merupakan lembaga setingkat kementerian yang beroperasi paling lambat akhir tahun 2022.

"Paling tidak pernah memimpin daerah dan punya background arsitek," kata Jokowi saat bertemu dengan beberapa pemimpin redaksi media massa nasional di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/1/2022).

Ridwan Kamil sendiri mengaku, tidak mau berandai-andai dirinya ditunjuk Jokowi untuk memimpin IKN Nusantara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper