Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jabar Gelar Operasi Pasar Murah Minyak Goreng di 11 Kabupaten/Kota

Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat Moh Arifin Soedjayana mengatakan operasi pasar murah minyak goreng ini merupakan tindaklanjut Presiden Joko Widodo pada Kementerian Perdagangan.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 10 Januari 2022  |  13:20 WIB
Operasi pasar murah minyak goreng Disperindag Jabar yang digelar di 11 kabupaten - kota mulai hari ini.
Operasi pasar murah minyak goreng Disperindag Jabar yang digelar di 11 kabupaten - kota mulai hari ini.

Bisnis.com, BANDUNG--Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat mulai menggelar operasi pasar murah minyak goreng di 11 kabupaten/kota mulai Senin (10/1/2022)-Jumat (14/1/2022).

Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat Moh Arifin Soedjayana mengatakan operasi pasar murah minyak goreng ini merupakan tindaklanjut Presiden Joko Widodo pada Kementerian Perdagangan. Perintah ini kemudian dikomunikasikan kementerian pada produsen minyak goreng untuk membantu menggelar operasi pasar murah.

“Ada dua produsen minyak goreng untuk Jawa Barat satu dari Bekasi dan DKI Jakarta. Mereka kemampuannya untuk menyuplai operasi pasar di 11 kabupaten/kota, salah satunya di Kabupaten Bandung,” kata Arifin di Pasar Cileunyi, Bandung, Senin (10/1/2022).

Menurutnya dua perusahaan ini mengalokasikan 240 ribu botol minyak goreng kemasan 1 liter. “Jadi total hampir 240.000 liter untuk Jawa Barat, dan itu akan dilakukan mulai Senin sekarang sampai akhir pekan nanti,” tuturnya.

Sementara untuk lokasi operasi pasar murah minyak goreng ini, Disperindag Jabar menyerahkan pada kabupaten/kota, bisa di pasar rakyat atau di kecamatan maupun kelurahan disesuaikan dengan kondisi masing-masing.

11 kabupaten/kota itu sendiri antara lain Kota Bandung, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Sukabumi, Kota Depok, Kota Cirebon, Kabupaten Bandung, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi.

“Kebanyakan operasi pasar digelar di kota yang menyumbang inflasi cukup besar, harga minyak goreng di operasi pasar ini dijual Rp14.000 per botol. Maksimal per orang itu 2 liter, tapi disesuaikan dengan kondisi di lapangan,” ujarnya.

Arifin mengatakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah memulai operasi pasar minyak goreng ini saat meresmikan pasar Lembursitu di Kota Sukabumi akhir pekan lalu. Ada 2.400 botol minyak goreng yang dijual saat itu. “Penjualannya diatur sistem tiketing, jangan sampai melanggar prokes,” ujarnya.

Saat ini harga minyak goreng per liter di sejumlah pasar di Jawa Barat mencapai Rp19.000-Rp20.000. Arifin berharap meski tidak serta merta menekan harga, keberadaan operasi pasar murah minyak goreng ini menjadi salah satu upaya pemerintah membantu masyarakat.

“OPM minyak goreng ini kolaborasi antara pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten/kota dan produsen, ini memberikan kesempatan pada warga untuk bisa mendapatkan minyak goreng lebih murah,” tuturnya.

Dari catatan Disperindag Jabar, lokasi operasi pasar murah minyak goreng di 5 kota penyangga inflasi antara lain: Kota Bogor di Pasar Baru dan Pasar Atas; Kota Sukabumi di Pasar Pelita dan Pasar Tipar Gede; Kota Cirebon di Pasar Jagasatru, Pasar Kanoman dan Pasar Pagi; Kota Bekasi di Pasar Kranji dan Pasar Baru; Kota Depok di Pasar Cisalak dan Pasar Agung; Kota Bandung di Kantor Disperindagin Kota Bandung,

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

minyak goreng operasi pasar
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top