Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembangunan Taman Pataraksa Kabupaten Cirebon Terancam Mangkrak

Pantauan Bisnis.com, Rabu (29/12/2021) di lokasi pembangunan Taman Pataraksa, saat ini beberapa pekerja tengah membangun gapura bagian pintu masuk.
Pembangunan Taman Pataraksa di depan Kantor Bupati Cirebon
Pembangunan Taman Pataraksa di depan Kantor Bupati Cirebon

Bisnis.com, CIREBON - Pembangunan Taman Pataraksa di depan Kantor Bupati Cirebon, Jalan Sunan Drajat, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, terancam mangkrak akibat belum jelasnya suplai anggaran dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Pantauan Bisnis.com, Rabu (29/12/2021) di lokasi pembangunan Taman Pataraksa, saat ini beberapa pekerja tengah membangun gapura bagian pintu masuk. Sementara pekerja lainnya, masih memasang keramik samping taman.

Pihak manajemen konstruksi, Toto mengatakan, saat ini progres pengerjaan landmark Kabupaten Cirebon itu masih dalam tahap pembangunan konstruksi. Pengerjaan terhambat karena cuaca buruk beberapa pekan terakhir ini.

"Kami yakin pengerjaan bagian ini bisa selesai pada akhir 2021," kata Toto di Kabupaten Cirebon, Rabu (29/12/2021).

Toto mengatakan, untuk pengerjaan pada tahap dua di awal 2021, pihak manajemen konstruksi membangun fasilitas penunjang, mulai dari gapura, jogging track, galeri, hingga fasilitas lainnya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengatakan dana untuk pembangunan Taman Pataraksa seluruhnya menggunakan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Provinsi Jawa Barat.

"Kemungkinan pembangunan terhenti karena adanya refocusing. Sehingga pembangunan akan terhenti sampai akhir tahun ini," kata Imron .

Revitalisasi tersebut sebenarnya direncanakan pada tahun lalu, namun urung dilakukan karena adanya refocusing anggaran untuk penanganan covid-19.

Anggaran untuk revitalisasi Taman Pataraksa membutuhkan anggaran sebesar Rp15 miliar. Landmark tersebut Kabupaten Cirebon tersebut bakal mengambil konsep kearifan lokal Cirebon.

"Untuk anggaran tersebut kami tidak tahu bakal dibagikan semua atau tidak, karena kami hanya sebatas penerima manfaat semua anggaran dari pemprov,” katanya.

Imron mengatakan, taman itu akan disulap menjadi kebutuhan ruang publik, yakni menjadi semacam alun-alun yang nantinya akan dimasukkan beberapa unsur khas lokal Cirebon.

Beberapa fasilitas yang akan diterapkan di Taman Pataraksa, mulai dari galeri hasil karya seni dan kerajinan produk lokal, tempat untuk pementasan budaya, serta tempat pertemuan bagi tamu-tamu daerah.

"Taman ini akan menjadi wajah baru bagi Kabupaten Cirebon," kata Imron.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper