Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Soal Pilpres 2024, Ridwan Kamil: Ke Mana pun Saya Pergi Pasti Ditafsirkan

Pertanyaan yang sama dialamatkan oleh media padanya saat memberikan hibah angklung, alat kesenian tradisional Jabar saat berada di Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat, Jumat (1/10/2021).
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 01 Oktober 2021  |  16:38 WIB
Ridwan Kamil saat memberikan hibah angklung di Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat
Ridwan Kamil saat memberikan hibah angklung di Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat

Bisnis.com, BANDUNG — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku tidak bisa menghindari pertanyaan terkait Pilpres 2024 ketika tengah melakukan kunjungan kerja ke luar Jawa Barat.

Pertanyaan yang sama dialamatkan oleh media padanya saat memberikan hibah angklung, alat kesenian tradisional Jabar saat berada di Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat, Jumat (1/10/2021).

Dalam kunjungan kerjanya itu, Ridwan Kamil meresmikan Alun-alun Kabupaten Sorong yang telah rampung direvitalisasi. Alun-alun dengan wajah baru itu didesain langsung oleh tangan Ridwan Kamil.

Acara peresmian semakin menarik saat puluhan pelajar SMP Negeri 1 Kabupaten Sorong memainkan angklung yang dihibahkan oleh Ridwan Kamil. Meski hanya tiga kali berlatih, mereka cukup piawai memainkan angklung langsung di hadapan Ridwan Kamil dan Bupati Sorong, Johny Kamaru.

Bahkan, Ridwan Kamil dan Johny Kamaru serta seluruh orang yang hadir dalam acara sempat berdecak kagum saat salah satu pelajar perempuan SMP Negeri 1 Kabupaten Sorong sukses membawakan lagu Mojang Priangan dengan iringan alat musik yang terbuat dari bambu itu.

Dalam kesempatan itu, Bupati Sorong Johny Kamaru pun sempat menyebut Ridwan Kamil sebagai tokoh nasional yang sudah mendapatkan tempat di hati masyarakat Sorong.

"Ya, jadi tidak bisa dihindari ya. Ke mana pun saya pergi, pertanyaan wartawan pasti mengarah ke sana (Pilpres 2024)," ungkap Ridwan Kamil.

Meski begitu, pria yang akrab disapa Kang Emil itu kembali menegaskan bahwa kunjungan kerjanya ke berbagai daerah, termasuk Kabupaten Sorong bukan dalam rangka meraih dukungan untuk maju ke ajang Pilpres 2024.

"Yang pasti saya ke sini meresmikan sesuatu yang sudah dirintis jauh-jauh hari sebelum jadi Gubernur, jaman saya Wali Kota Bandung. Kan saya datang tidak bawa hal-hal yang gak jelas ya, (saya datang) membawa perubahan, meresmikan sesuatu," katanya.

Kang Emil pun menjelaskan bahwa angklung kini bukan lagi milik warga Jabar semata, melainkan milik warga dunia menyusul pengakuan Unesco terhadap angklung sebagai warisan dunia. Oleh karenanya, dalam setiap kunjungan kerjanya, dia kerap membagi-bagikan angklung.

"Kalau ada 200 negara di dunia, maka saya akan kirim 200 set angklung. Kalau negara-negara di dunia dikasih, masa provinsi-provinsi lain tidak?" Jadi kita hibahkan angklung ini untuk warga Sorong dan berharap angklung masuk dalam kurikulum di sekolah. Diplomasi angklung ini karena angklung bukan sudah milik Jabar lagi, maka kita kirim ke mana-mana, termasuk ke Papua," jelasnya.

Namun pihaknya juga tidak mempermasalahkan ada anggapan bahwa dirinya menggunakan angklung sebagai alat diplomasi, termasuk alat diplomasi yang dikaitkan dengan ajang Pilpres 2024 sekalipun.

"Itu kan tafsir saja, saya bawa angklung lalu ditafsirkan begitu (alat diplomasi Pilpres 2024), tidak masalah," pungkasnya.

Ridwan Kamil sendiri disambut antusias oleh warga dan jajaran Pemkab Sorong.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ridwan kamil
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top