Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lebih dari 200.000 Remaja di Garut Jadi Sasaran Program Vaksinasi

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Asep Surachman mengatakan, jumlah remaja yang sudah mendapatkan vaksin baru 5.000 lebih.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, GARUT - Sebanyak 293.330 remaja berusia 12-17 tahun di Kabupaten Garut menjadi sasaran untuk mendapatkan vaksin Covid-19. Saat ini pemerintah daerah mengandalkan Sentra Vaksinasi yang diselenggarakan di Pendopo Bupati Garut.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Asep Surachman mengatakan, jumlah remaja yang sudah mendapatkan vaksin baru 5.000 lebih. Pelaksanaan vaksinasi untuk kelompok masyarakat tersebut baru dilaksanakan selama satu pekan.

"Kami akan mempercepat dengan dua strategi yaitu vaksinasi yang sifatnya terpusat atau sentral vaksinasi seperti yang dilaksanakan di Pendopo Garut saat ini dan melaksanakan vaksinasi di setiap sekolah," kata Asep di Kabupaten Cirebon, Kamis (5/8/2021).

Asep mengatakan, dalam pelaksanaan vaksinasi pihaknya akan tetap memperhatikan kapasitas vaksinator dan ketersediaan vaksin. Saat ini animo masyarakat untuk mengikuti vaksinasi semakin meningkat dan menjadi spirit tersendiri bagi pemerintah daerah.

"ini membuktikan bahwa harapan kami di awal masyarakat secara sadar mau divaksinasi mengingat ancaman penularan Covid-19 ini sungguh nyata di depan mata kita," katanya.

Stok Vaksin Kosong

Pemerintah Kabupaten Garut mengeluhkan kekosongan stok vaksin covid-19. Akibat hal tersebut, pelaksanaan vaksinasi di fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah terpaksa dihentikan sementara waktu.

Kebutuhan vaksin untuk masyarakat di Kabupaten Garut sebanyak 3,4 juta. Namun sampai saat ini, baru 300.000 botol yang sudah didistribusikan oleh pemerintah provinsi.

Pemerintah daerah sudah mengajukan kepada pemerintah provinsi terkait pendistribusian vaksin. Namun, sampai saat ini belum kabar lebih lanjut.kalau kekosongan vaksin terus berlanjut dikhawatirkan menghambat program vaksinasi 2 juta dosis per hari yang saat ini terus dilakukan oleh pemerintah pusat.

Berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, jumlah warga yang sudah mendapatkan vaksin covid-19 sebanyak 276.209.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 7.358 merupakan tenaga kesehatan, 129.203 pelayan publik, lansia 13.090, dan masyarakat umum 42.929

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper