Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tiadakan Penyekatan, Garut Tetapkan Kawasan Patuh Protokol Kesehatan

Kabupaten Garut saat ini memasuki PPKM Level 3, sehingga sejumlah kebijakan terkait mobilitas pun diubah, termasuk dalam hal penyekatan.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 28 Juli 2021  |  15:38 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, GARUT - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut menetapkan kawasan patuh protokol kesehatan di beberapa titik kawasan perkotaan. Hal tersebut dilakukan sehubungan dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Selain itu, kebijakan tersebut sesuai dengan Keputusan Bupati Garut Nomor 443/Kep.666-Satpol PP/2021 tentang penetapan kawasan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan dalam upaya penanganan.

Kepala Kepolisian Resor (Polres) Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono mengatakan kawasan tersebut sering menjadi pusat kerumunan, sehingga perlu dijadikan sebagai kawasan kepatuhan protokol kesehatan.

“Kabupaten Garut saat ini memasuki PPKM Level 3, sehingga kami terpaksa mengubah kebijakan. Sebelumnya ada penyekatan, kini hanya menetapkan kawasan patuh prokes dan rekayasa lalu lintas," kata Wirdhanto di Kabupaten Garut, Rabu (28/7/2021).

Wirdhanto mengatakan, pihaknya mengaku sudah membangun delapan pos pantau di kawasan perkotaan. Selain itu, petugas juga diberikan tugas melakukan imbauan tentang pencegahan wabah.

Menurutnya, kerumunan yang terjadi di kawasan tersebut disebabkan oleh aktivitas para pedagang kaki lima (PKL) serta pertokoan.

"Harus menjaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan. Ya jarak antar PKL, kami mencoba melakukan penyesuaian sebagaimana instruksi Mendagri,” katanya.

Bila terjadi kerumunan di kawasan patuh protokol kesehatan, pihaknya akan langsung menindak tegas dengan melaksanakan operasi yustisi untuk menegakkan penerapan protokol kesehatan di masyarakat.

“Mereka akan diberikan sanksi sesuai perda nomor 5 maupun maupun peraturan bupati nomor 47," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

garut Covid-19
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top