Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tingkat Kedisiplinan Prokes Warga Jabar Mulai Kendor

Ridwan Kamil mengatakan dari data yang dimiliki pihaknya ada penurunan kedisiplinan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 18 Mei 2021  |  12:01 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, BANDUNG--Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menenggarai warga Jawa Barat mulai kendor menerapkan protokol kesehatan pascalebaran ini.

Ridwan Kamil mengatakan dari data yang dimiliki pihaknya ada penurunan kedisiplinan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan.

Berdasarkan data dari Bersatu Lawan Covid-19 (BLC) per 23 Februari sampai 15 Mei 2021, tingkat kepatuhan warga Jabar dalam menggunakan masker turun menjadi 76,98 dari 81,37 dan menjaga jarak turun menjadi 74,70 dari 77,82.

"Yang kita waspadai kedisiplinan masyarakat turun, sekarang memakai masker dan menjaga jarak diangka 70 persen sebelumnya selalu diatas 80 persen. Sesuai arahan Presiden agar durabilitas stamina petugas harus terus dijaga supaya angkanya bisa naik lagi," katanya, Selasa (18/5/2021).

Meski begitu, kata Kang Emil, Pemda Provinsi Jabar sudah menyiapkan dua strategi penguatan rumah sakit rujukan Covid-19 manakala terjadi peningkatkan kasus Covid-19. Pertama adalah mengubah tempat tidur untuk layanan umum menjadi ruang perawatan Covid-19.

"Kalau umum sudah menjadi ruang perawatan Covid-19 dan belum memadai, kita akan buka rumah sakit darurat. Yang di Secapa AD dulu sudah disiapkan," tuturnya.

Terkait pemulihan ekonomi di Jabar, Kang Emil melaporkan bahwa angka pertumbuhan ekonomi Jabar yang sempat terkontraksi cukup dalam karena pandemi Covid-19 kini terus membaik dan berada di angka minus 0,83 persen.

"Semua kepala daerah diminta bekerja keras karena hanya 10 provinsi yang sudah positif paling tinggi itu Papua, posisi Jabar ada di angka minus 0,83 persen. Ini sudah jauh lebih baik dari tahun lalu. Mudah-mudahan dan saya optimistis secepatnya di atas 0 persen atau positif," tuturnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar Covid-19
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top