Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dukung UMKM, Pos Indonesia Gelar 'Gebyar Ramadhan'

Nezar menyebut bahwa di tengah pandemi Covid-19, peran UKM yang jumlahnya adalah 65 juta menjadi sangat penting.
Gebyar Ramadhan Produk Lokal UMKM Indonesia Istimewa
Gebyar Ramadhan Produk Lokal UMKM Indonesia Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG – Jelang Hari Raya Idulfitri 1442 H/2021, PT Pos Indonesia (Persero) bekerjasama dengan Koperasi Perempuan Wirausaha Indonesia (Koperwindo) menggelar Gebyar Ramadhan Produk Lokal UMKM Indonesia Istimewa hingga 8 Mei 2021.

Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen dari PT Pos Indonesia (Persero) untuk membantu UMKM dalam memperluas promosi produknya. Lewat pameran ini, diharapkan produk lokal UMKM dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Direktur Kelembagaan PT Pos Indonesia (Persero) Nezar Patria mengungkapkan PT Pos Indonesia (Persero) menyampaikan apresiasi atas kerja sama dengan Koperwindo.

Nezar menyebut bahwa di tengah pandemi Covid-19, peran UKM yang jumlahnya adalah 65 juta menjadi sangat penting.

“Apa yang kita lakukan hari ini adalah bagian gerakan besar pemerintah untuk mendukung UMKM. Sekarang kita diserbu produk-produk asing. Sangat penting untuk memperkuat konsolidasi UMKM dalam rangka masuk dalam ekosistem digital,” ungkap Nezar.

Senada dengan Nezar, Dewan Pembina Koperasi Perempuan Indonesia (Koperwindo) Elza Syarief menyambut baik kerja sama ini.

“Produk-produk UMKM sekarang ini sudah baik, perlu banyak dukungan dari banyak pihak. Agar ke depan UMKM semakin maju dan demikian perekonomian juga membaik. Saya berterimakasih kepada PT Pos Indonesia yang sudah mau berkerjasama dengan kami,” ujar Elza.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Pengawasan Koperasi Kementerian Koperasi dan UKM Ahmad Zabadi menyampaikan bahwa Pos Indonesia memiliki posisi sangat strategis karena memiliki jaringan distribusi yang luas.

“Penting kita mengoptimalkan Pos Indonesia yang memiliki jaringan sangat luas, sehingga ini harus menjadi peluang untuk memperkuat daya saing dan kompetensi UMKM,“ jelas dia.

Ia juga berharap Koperwindo bisa menjadi konsolidator dan agregator UMKM dan membangun solidaritas bersama untuk kita menggunakan dan bangga menggunakan produk Indonesia.

Nur Chansa, salah seorang pelaku UMKM mitra Pos Indonesia yang memproduksi kain tenun dari Lebak, mengaku senang bisa mengikuti pameran yang digelar di Gedung Pos Ibukota.

“Saat pandemi memang problem utama adalah pemasaran, karena ruang untuk pameran juga terbatas. Dari Pos Indonesia kami diberi pelatihan baik proses produksi hingga pemasaran digital atau e-commerce, dan itu sangat membantu. Tapi kesempatan bisa berpameran ini juga mendorong semangat kami kembali,” tuturnya.

Aneka produk lokal dipasarkan dalam pameran yang digelar di Gedung Pos Ibukota tersebut mulai dari produk makanan, ragam fashion dan aksesoris. Beragam produk batik dan tenun dari NTT, Donggala, Kalimantan maupun Lebak. Diikuti oleh 20 peserta peserta yang berasal dari Jabodetabek, Lebak, Bandung dan Jawa Tengah. Acara berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper