Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Baim Wong Bakal Bangun Pesantren Tahfiz Quran di Purwakarta

Artis Muhammad Ibrahim alias Baim Wong berencana membangun pesantren di Kabupaten Purwakarta yang merupakan tempat tinggalnya saat kecil bersama almarhum sang ibu.
Artis Muhammad Ibrahim alias Baim Wong (kanan) saat menemani Dedi Mulyadi (kiri) menyapa warga
Artis Muhammad Ibrahim alias Baim Wong (kanan) saat menemani Dedi Mulyadi (kiri) menyapa warga

Bisnis.com, PURWAKARTA - Artis Muhammad Ibrahim alias Baim Wong berencana membangun pesantren di Kabupaten Purwakarta yang merupakan tempat tinggalnya saat kecil bersama almarhum sang ibu.

Baim menuju lokasi rencana pesantren dengan ditemani oleh Dedi Mulyadi yang juga mantan bupati Purwakarta dan kini menjadi anggota DPR.

Rencananya pesantren tahfiz Alquran ini akan dibangun di sebuah hamparan daerah Kampung Babakan Loa, Desa Cirende, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta.

Dalam perjalanan Baim Wong dan Dedi Mulyadi yang naik satu mobil terlibat pembicaraan mengenai pengembangan pesantren ke depan. Salah satu yang dibahas adalah ide Dedi Mulyadi yang menyarankan pesantren berbasis semesta.

Awalnya Baim menanyakan kegiatan lain Dedi selain di dunia politik. Dedi menyebut saat ini ia memiliki usaha pertanian dan ternak mulai dari sapi, domba, kerbau, ayam dan ikan.

“Investasi harus di yang (makhluk) hidup-hidup. Yang hidup bukan hanya bikin untung tapi membuat kita bahagia,” ucap Dedi Mulyadi dalam keterangan yang diterima Bisnis, Kamis (22/4/2021).

Dedi mencontohkan investasi dalam bentuk tabungan atau saham tidak terlihat prosesnya. Berbeda dengan memelihara sapi yang diurus dengan sepenuh hati akan sangat terasa prosesnya.

“Nanti kan Kiano bisa kasih makan sapinya, dielus-elus sapinya. Ikan juga begitu kita kasih makan saling rebutan lihatnya bahagia,” katanya.

Tidak hanya itu, keuntungan lain investasi peternakan bisa menjadi alternatif untuk liburan. “Jadi kalau liburan cukup ke sana tidak perlu lagi ke vila orang lain. Kita bikin rumah di desa ada sawahnya, kandang sapi, domba, ada kolam ikan juga,” ucap Dedi.

Sehingga, kata Dedi, ide tersebut bisa diadopsi di pesantren Baim. “Nanti di pesantren bikin kampung peternakan. Nanti yang urusnya anak-anak binaan kita. Anak yatim yang kita didik jadi petani dan pengusaha. Jadi mereka pagi-siang beternak, malam mengaji. Nabi Muhammad kan dulu juga beternak,” tuturnya.

Mendengar ide tersebut Baim pun tertarik. Sebab hal tersebut sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW yang juga seorang peternak domba.

“Tujuan saya buat rumah Alquran karena dunia ini tidak ada habisnya. Nantinya saya maunya kalau ada uang mikirnya untuk kehidupan pesantren, bagaimana makannya cukup atau enggak. Jadi semua dilelahkan ke dunia pesantren,” ujar Baim.

Setelah berkeliling melihat lokasi rencana pembangunan keduanya pun berpisah untuk pulang. Sebelum berpisah Dedi Mulyadi memberikan oleh-oleh satu boks sate maranggi untuk keluarga Baim Wong berbuka puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper