Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IPB University Kerja Sama dengan Pemkab Cirebon Soal Data Desa Presisi

Institut Pertanian Bogor (IPB) University melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Cirebon di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Kerja sama IPB-Pemkab Cirebon
Kerja sama IPB-Pemkab Cirebon

Bisnis.com, CIREBON - Institut Pertanian Bogor (IPB) University melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Cirebon di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan momerandum of understanding (MoU) antara Bupati Cirebon Imron Rosyadi dengan Rektor IPB Arif Satria di Kabupaten Cirebon, Sabtu (17/4/2021).

Arif Satria mengatakan keakuratan data desa sangat penting sebagai acuan perencanaan serta pembangunan desa. Data tersebut pun menjadi panduan Kementerian Sosial untuk penyaluran bantuan sosial agar tepat sasaran.

Kerja sama ini dilakukan di 21 kabupaten lainnya di Indonesia. Untuk di Jawa Barat, beberapa kabupaten di antaranya, Kabupaten Bogor, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Pangandaran.

"Program data desa presisi ini dapat menjadi inspirasi bagi pembangunan nasional yang dimulai dari desa," kata Arif.

Program data desa presisi menurut Arif, merupakan salah satu bentuk bakti dan dukungan dari IPB University kepada masyarakat desa.

Data Desa Presisi nantinya mengkombinasikan data numerik, data spasial, peran teknologi, serta partispasi aktif masyarakat.

Bupati Cirebon menyebutkan dalam kerja sama tersebut IPB University memberikan sebuah inovasi berupa data desa Presisi. Menurut Imron, upaya tersebut dapat mengembangkan pembangunan desa di Kabupaten Cirebon.

"Potensi desa perlu digali, maka dari itu perlu adanya percepatan. Persoalan data di Kabupaten Cirebon saat ini carut marut, harus segera diperbaiki," kata Imron.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper