Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wagub Jabar Hadiri Panen Raya di Kuningan

Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat berkomitmen mengembangkan sektor pertanian. Sejumlah program digagas, salah satunya Petani Milenial.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 07 Maret 2021  |  14:15 WIB
Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum (kiri) saat menghadiri Panen Raya Desa Cileuya di Kecamatan Cimahi, Kabupaten Kuningan
Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum (kiri) saat menghadiri Panen Raya Desa Cileuya di Kecamatan Cimahi, Kabupaten Kuningan

Bisnis.com, BANDUNG — Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat berkomitmen mengembangkan sektor pertanian. Sejumlah program digagas, salah satunya Petani Milenial.

Hal itu dikatakan Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat menghadiri Panen Raya Desa Cileuya di Kecamatan Cimahi, Kabupaten Kuningan, Sabtu (6/3/2021).

"Kami harap adanya panen hari ini bisa menambah pendapatan petani dan dengan adanya panen, petani bisa lebih sejahtera, makmur," kata Kang Uu.

Menurut Uu, Pemda Provinsi Jabar terus berupaya meningkatkan produktivitas pertanian dengan mengembangkan sejumlah teknologi.

"Dengan memberikan pendidikan kepada para petani bahwa, bertani ini menggunakan teknologi. Kalau tidak pakai teknologi, kita akan sulit meningkatkan produktivitas," ucapnya.

Selain itu, Uu berharap permasalahan irigasi di Kabupaten Kuningan dapat teratasi manakala Bendungan Kuningan sudah beroperasi. "Supaya hasil panen bertambah," tuturnya.

Bupati Kuningan Acep Purnama mengatakan Pemerintah Kabupaten Kuningan berkomitmen melindungi lahan pertanian. Salah satu bentuk komitmennya adalah Peraturan Daerah Kabupaten Kuningan Nomor 7 Tahun 2015 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan Kabupaten Kuningan.

"Itulah konsep pembangunan yang harus kami lakukan agar setiap kali pembangunan di era modernisasi, di tengah era kemajuan zaman kita. Juga tidak akan melupakan dari sawah inilah kita ada, dari sawah inilah kita makan dan hidup," ucap Acep.

Kepala Desa Cileuya Warjo melaporkan, Desa Cileuya yang terkenal akan pandai besi dan gula kawung mempunyai wilayah seluas 264,15 hektare, dan luas pertanian sekitar 181 hektare.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top