Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemkot Cirebon Eksekusi Lahan untuk Balai Latihan Kerja

Pemerintah Kota Cirebon mengeksekusi lahan di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan/Kecamatan Harjamukti. Eksekusi lahan tersebut nantinya untuk didirikan balai latihan kerja (BLK).
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 26 Februari 2021  |  13:22 WIB
Eksekusi lahan di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Cirebon. - Bisnis/Hakim Baihaqi
Eksekusi lahan di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Cirebon. - Bisnis/Hakim Baihaqi

Bisnis.com, CIREBON - Pemerintah Kota Cirebon mengeksekusi lahan di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan/Kecamatan Harjamukti. Eksekusi lahan tersebut nantinya untuk didirikan balai latihan kerja (BLK).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon Agus Mulyadi mengatakan eksekusi dilakukan lantaran sudah ada putusan hukum tetap (inkracht) di lahan milik pemerintah kota tersebut.

"Lahan yang baru dieksekusi juga akan digunakan untuk kepentingan masyarakat Kota Cirebon," kata Agus di Kota Cirebon, Jumat (26/2/2021).

Proses eksekusi lahanlahan tersebut dilakukan Pengadilan Negeri Kota Cirebon, Kejaksaan Kota Cirebon, Polres Cirebon Kota, dan Kodim Kota Cirebon.

Agus mengatakan, luas lahan yang dieksekusi tersebut mencapai 1.201 meter persegi dan dibuktikan dengan penerbitan sertifikat sejak 29 Mei 1996.

Kemudian, berdasarkan putusan Pengadilan Negeri (PN) Cirebon tertanggal 28 Juni 2012 Nomor 79/Pdt G/2011/PN.Cn. "Pemkot Cirebon merupakan pemegang hak yang sah satu-satunya bidang tanah kosong tersebut," katanya.

Sebelum dilakukan eksekusi, tergugat sudah diperintahkan untuk objek sengketa dan membongkar secara sukarela tembok yang mengelilingi seluruh lahan.

Namun, saat eksekusi berlangsung perintah tersebut tidak dilakukan oleh pihak tergugat, sehingga pihak eksekutor (pengadilan negeri) terpaksa membongkar paksa menggunakan alat berat.

Dalam perjalanannya, proses perkara sudah melalui sejumlah mekanisme persidangan, mulai dari tingkat banding, kasasi hingga peninjauan kembali. Namun Pemkot Cirebon ditetapkan sebagai pemenang. (K45)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top