Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jelajah Metropolitan Rebana: Ridwan Kamil Yakin Ekonomi Segera Pulih

Bandara Internasional Kertajati, Majalengka kembali menggeliat usai penerbangan kargo memakai pesawat Garuda Indonesia menuju Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, Selasa (23/2/2021).
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 23 Februari 2021  |  12:07 WIB
Penerbangan kargo memakai pesawat Garuda Indonesia dari Bandara Kertajati Majalengka menuju Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, Selasa (23/2/2021). - Bisnis/Wisnu Wage
Penerbangan kargo memakai pesawat Garuda Indonesia dari Bandara Kertajati Majalengka menuju Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, Selasa (23/2/2021). - Bisnis/Wisnu Wage

Bisnis.com, MAJALENGKA — Bandara Internasional Kertajati, Majalengka kembali menggeliat usai penerbangan kargo memakai pesawat Garuda Indonesia menuju Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, Selasa (23/2/2021).

Take off pukul 11.00, prosesi penerbangan kargo ini dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja, Direktur Utama PT Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, Wakil Bupati Majalengka Tarsono dan direksi PT Bandarudara Internasional Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pandemi Covid-19 ibarat perang. Menurutnya semua unsur harus ikut berperan sebagai upaya bela negara, termasuk yang dilakukan Garuda Indonesia, dan para pengusaha logistik yang menerbangkan kargo dari Bandara Kertajati.

“Kalau hanya hitung-hitungan bisnis tidak ada added value. Ini ada unsur bela negara,” katanya.

Pihaknya mengapresiasi Garuda Indonesia yang menunjukan komitmen turut memulihkan perekonomian daerah dengan menyepakati sejumlah kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Ridwan Kamil yakin dimulainya penerbangan kargo dari Bandara Kertajati menjadi pertanda baik bagi pemulihan ekonomi Jawa Barat. “2021 saya optimis berjalan lancar,” tuturnya.

Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja mengatakan pesawat B737 800 NG Garuda Indonesia menuju Batam ini akan menerbangkan kargo PT Kawan Sinergi Berkarya.

“Dengan fasilitasi dari Tim Sub Divisi Transportasi dan Logistik, Satuan Tugas Komite Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Daerah Provinsi Jawa Barat, serta dukungan dari Asperindo Indonesia dan Jawa Barat beserta anggotanya,” katanya.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan penerbangan kargo di Bandara Kertajati merupakan catatan penting bagi pihaknya.

Dengan kapasitas angkut sebesar 7 ton, B737 menurutnya akan dimaksimalkan untuk mendorong pemulihan ekonomi di daerah lewat optimalisasi penerbangan kargo.

“Kami harap ini bukan penerbangan pertama dan satu-satunya dari Kertajati, kami akan meneruskan komitmen menumbuhkan perekonomian di Jawa Barat,” tutur Irfan.

Pihaknya memastikan Garuda akan memenuhi komitmen pada Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menerbangkan kargo satu kali dalam sepekan dari Kertajati. Menurutnya Garuda sudah melakukan komitmen yang sama dengan wilayah lain seperti menerbangkan kargo dari Bali ke Hongkong, Surabaya-Hongkong, dan Manado-Narita, Jepang.

Bisnis Indonesia kembali menghadirkan tim Jelajah Metropolitan Rebana yang akan mengupas peluang dan tantangan investasi di wilayah Sumedang, Majalengka, Subang, dan Purwakarta. Program berkala ini disponsori oleh PT Pos Indonesia (Persero), Astra Isuzu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Diskominfo Jabar, PT Migas Hulu Jabar, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Jabar, PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar, JNE, dan eFishery.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara kertajati Metropolitan Rebana
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top