Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jelajah Metropolitan Rebana: Pemprov Jabar-Garuda Indonesia Teken 6 Lingkup Kerja Sama Strategis

Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan PT Garuda Indonesia menyepakati kerja sama strategis guna menghidupkan lagi layanan penerbangan di Bandara Internasional Kertajati, Majalengka dan pemulihan ekonomi daerah.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 23 Februari 2021  |  11:41 WIB
Direktur Utama PT Garuda Indonesia Irfan Setiaputra (kiri) bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Direktur Utama PT BIJB Salahudin Rafi saat berkeliling di area Bandara Kertajati, Selasa (23/2/2021) - Bisnis/Wisnu Wage.
Direktur Utama PT Garuda Indonesia Irfan Setiaputra (kiri) bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Direktur Utama PT BIJB Salahudin Rafi saat berkeliling di area Bandara Kertajati, Selasa (23/2/2021) - Bisnis/Wisnu Wage.

Bisnis.com, MAJALENGKA — Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan PT Garuda Indonesia menyepakati kerja sama strategis guna menghidupkan lagi layanan penerbangan di Bandara Internasional Kertajati, Majalengka dan pemulihan ekonomi daerah.

Penandatangan naskah kerja sama antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan PT Garuda Indonesia Tbk “Percepatan Pemulihan Ekonomi Daerah Melalui Penyediaan Dan Peningkatan Layanan Transportasi Udara” serta Launching Penerbangan Kargo Bandara Internasional Kertajati ke Bandara Hang Nadim Batam, dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Irfan Setiaputra.

Sekda Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja mengatakan kegiatan ini merupakan upaya percepatan pemulihan ekonomi daerah melalui peningkatan kualitas layanan transportasi udara yang bertujuan mewujudkan kolaborasi dalam upaya pemulihan dan transformasi ekonomi daerah sebagai dampak pandemi Covid-19 di Jawa Barat.

Setiawan mengatakan kesepakatan bersama antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan PT Garuda Indonesia tentang “Percepatan Pemulihan Ekonomi Daerah Melalui Penyediaan Dan Peningkatan Layanan Transportasi Udara”, dengan 6 (enam) ruang lingkup yaitu:

Pengembangan dan penyediaan jasa transportasi udara penumpang dan cargo; Promosi dan packaging destinasi pariwisata; Pengembangan kawasan; Pengembangan kualitas sumber daya manusia; Optimalisasi program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) bagi pembangunan daerah; dan Bidang lainnya yang disepakati secara tertulis oleh para pihak, sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Kesepakatan bersama ini berlaku untuk jangka waktu tiga tahun terhitung sejak tanggal ditandatangani. Untuk pelaksanaannya akan dirumuskan lebih lanjut secara rinci dan disepakati secara tertulis dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama,” kata Setiawan, Selasa (23/2/2021).

Acara penandatanganan ini juga menandai dimulainya layanan kargo di Bandara Kertajati yang sempat terhenti karena pandemi Covid-19 dengan penerbangan Garuda Indonesia rute Bandara Kertajati-Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau. Selanjutnya Garuda Indonesia akan menerbangkan kargo dari Kertajati setiap satu pekan sekali.

Bisnis Indonesia kembali menghadirkan tim Jelajah Metropolitan Rebana yang akan mengupas peluang dan tantangan investasi di wilayah Sumedang, Majalengka, Subang, dan Purwakarta. Program berkala ini disponsori oleh PT Pos Indonesia (Persero), Astra Isuzu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Diskominfo Jabar, PT Migas Hulu Jabar, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Jabar, PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar, JNE, dan eFishery.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara kertajati Metropolitan Rebana
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top