Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Disdik Jabar Sudah Siapkan 4.900 Unit Rumah untuk Guru

Lewat program Bakti Padamu Guru (Bataru) Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkomitmen meningkatkan kesejahteraan guru dan tenaga kependidikan di Jabar.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 22 Februari 2021  |  13:43 WIB
Unit-unit rumah program BATARU (Bakti Padamu Guru) di Kabupaten Purwakarta - Istimewa
Unit-unit rumah program BATARU (Bakti Padamu Guru) di Kabupaten Purwakarta - Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG - Lewat program Bakti Padamu Guru (Bataru) Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkomitmen meningkatkan kesejahteraan guru dan tenaga kependidikan di Jabar.

Kepala Dinas Pendidikan Jabar Dedi Supandi mengatakan program Bataru merupakan usaha konkret pihaknya untuk menggapai tujuan tersebut.

"Setelah kita berinovasi memberikan sertifikasi guru honorer untuk meningkatkan penghasilan, ini adalah inovasi lain yang dibutuhkan oleh para guru dan tenaga kependidikan, yaitu kepemilikan rumah," katanya dalam pernyataan yang dikutip Senin (22/2/2021).

Atas dukungan Gubernur Jabar, lanjut Kadisdik, program Bataru sudah mulai bisa dirasakan manfaatnya oleh para guru dan tenaga kependidikan.

"Sebanyak 4.900 rumah sudah siap huni. Dari jumlah ini, sudah ada 1.800 pemohon dan per hari ini sudah ada 250 yang sudah selesai proses," ungkapnya.

Melalui Bataru, kata Kadisdik, guru dan tenaga kependidikan akan mendapatkan fasilitas optimal untuk memiliki rumah. Seperti, pembayaran uang muka ringan, bebas PPN, dan mendapatkan subsidi cicilan.

"Kisaran harga rumah antara Rp130-169 juta, dengan luas tanah sekitar 50 s.d. 80 meter persegi," tuturnya.

Kadisdik mengatakan, bagi guru dan tenaga kependidikan yang ingin mengikuti program Bataru bisa mendaftar melalui aplikasi Pak Kasep.

"Aplikasi Pak Kasep ini operator Bataru. Mulai dari pendaftaran, simulasi KPR, verifikasi data hingga pengajuan bisa dilakukan di sana," jelasnya.

Program Bataru sendiri sudah diluncurkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Kamis pekan lalu di Purwakarta.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top