Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SOR Watubelah Cirebon Gagal Dijadikan Sebagai Tempat Isolasi

Sarana Olahraga (SOR) Watubelah di Jalan Fatahillah, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, batal digunakan menjadi tempat isolasi mandiri bagi pasien positif Covid-19 tanpa gejala.
Bupati Cirebon Imron Rosyadi
Bupati Cirebon Imron Rosyadi

Bisnis.com, CIREBON - Sarana Olahraga (SOR) Watubelah di Jalan Fatahillah, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, batal digunakan menjadi tempat isolasi mandiri bagi pasien positif Covid-19 tanpa gejala.

Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengatakan, gelanggang olahraga tersebut gagal digunakan menjadi tempat isolasi karena keterbatasan fasilitas.

Imron menambahkan, bila fasilitas di ruang isolasi tidak menunjang, dikhawatirkan akan memperparah kondisi pasien yang menjalani perawatan.

"Takutnya kesembuhan mereka lebih lambat karena stres. Di Watubelah itu kan sebenarnya tidak ada sama sekali fasilitas," kata Imron di Kabupaten Cirebon, Kamis (7/1/2021).

Pemerintah daerah saat ini memiliki opsi lain untuk tempat isolasi mandiri, yakni Hotel The Radiant yang berada di Kecamatan Beber perbatasan antara Kabupaten Cirebon dengan Kabupaten Kuningan.

Imron mengatakan, hotel tersebut sangat besar, sehingga dapat menampung jumlah pasien positif lebih banyak, sehingga penanganan bisa dilakukan secara cepat.

Pemerintah daerah pun berharap, lokasi isolasi tersebut bisa digunakan paling lambat akhir Januari 2021. Pihak hotel pun mengaku sudah setuju.

"Hotel itu pun jauh dengan permukiman penduduk. Sangat memungkinkan jadi tempat isolasi," katanya.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, memprediksi, kasus terkonfirmasi positif corona virus disease 2019 (covid-19) di Kabupaten Cirebon bakal terus bertambah pada awal 2021 ini.

Kepala Dinkes (Dinkes) Kabupaten Cirebon, Enny mengatakan, penambahan kasus bakal terus terjadi karena banyak klaster keluarga setiap harinya. Klaster itu mendominasi setiap harinya.

"Klaster keluarga itu jelas akan menambah jumlah konfirmasi. Misalnya istrinya yang kena, kami akan tracing kepada suaminya, anak anaknya bahkan ke tetangganya dan kelurga terdekat," kata Enny di Kabupaten Cirebon, Rabu (6/1/2021).

Setiap harinya, rata-rata penambahan jumlah orang terdeteksi diatas 30 orang. Kata Enny, 2.000 kasus terkonfirmasi positif covid-19 adalah orang tanpa gejala (OTG) dari klaster keluarga.

Enny mengatakan, meskipun anggaran untuk pemeriksaan massal sudah ditutup, pemerintah daerah bakal terus melakukan tracing bila ditemukan adanya kasus terkonfirmasi positif covid-19 baru.

"ami belum tahu berapa anggarannya untuk tahun ini. Tapi untuk persediaan reagen dan VTM kami sudah disiapkan oleh BNPB. Artinya, setiap kami butuh, tinggal mengajukan dan pasti dipenuhi," kata Enny. (K45)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper