Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SPBU Baru di Kuningan Tak Diizinkan Jual Premium

Pemkab Kuningan tak mengizinkan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang baru beroperasi menjual bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 November 2020  |  23:20 WIB
Ilustrasi: Petugas melakukan pengisian BBM di salah satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU)./Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Ilustrasi: Petugas melakukan pengisian BBM di salah satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU)./Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, KUNINGAN – Pemkab Kuningan, Provinsi Jawa Barat, melarang Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang baru beroperasi menjual bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium sebagai dukungan untuk terwujudnya udara bersih dan sehat.

"Pemda melarangnya saat mengeluarkan izin. Ada komitmenn untuk tidak menjual Premium," kata Kepala Bappeda Pemkab Kuningan Usep Sumirat melalui keterangan tertulis.

Saat ini, lanjutnya, untuk SPBU yang melayani Premium tinggal SPBU lama dan itu pun tingkat konsumsinya tergolong rendah dibandingkan dengan BBM jenis lain.

Ketika stok Premium tinggal sedikit di SPBU lama, tuturnya, tidak terjadi gejolak di masyarakat, karena konsumsi paling tinggi di Kuningan adalah Pertalite, diikuti Pertamax, barulah Premium.

"Untuk kendaraan pribadi, termasuk roda dua, rata-rata masyarakat sudah tidak mau pakai Premium, minimal Pertalite," ucapnya.

Usep mengatakan Pemkab Kuningan memang serius mewujudkan udara bersih dan sehat. Selain larangan menjual Premium di beberapa SPBU, sejak 6 tahun lalu juga melarang kendaraan dinas mengonsumsi Premium.

Dengan demikian, BBM jenis Premium memang praktis hanya digunakan untuk angkutan perdesaan dan pinggiran yang jumlahnya juga tidak terlalu banyak.

Selain itu, untuk transportasi publik, Pemkab Kuningan juga memperketat uji emisi termasuk uji kir. Untuk memenuhi uji tersebut, perusahaan bus pun akhirnya mremajakan armada mereka. "Kalau tidak lulus uji emisi, bus tersebut tidak akan laku. Rata-rata mereka menggunakan armada baru."


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina spbu

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top