WJIS 2020: Rebana Siap Masuk Super Koridor Ekonomi Pantai Utara

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan meluncurkan secara resmi Metropolitan Rebana di ajang West Java Investment Summit (WJIS) 2020 yang akan digelar 16--19 November mendatang.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil/Bisnis
Gubernur Jabar Ridwan Kamil/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan meluncurkan secara resmi Metropolitan Rebana di ajang West Java Investment Summit (WJIS) 2020 yang akan digelar 16--19 November mendatang.

Metropolitan Rebana yang terdiri dari 13 klaster kawasan industri terpadu di Subang, Majalengka, Sumedang, Indramayu, Kuningan dan Cirebon juga menjadi bagian dari super koridor ekonomi pantai utara yang sudah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo beberapa bulan sebelumnya.

Ridwan Kamil mengatakan keputusan Pemerintah Pusat memasukan dua daerah di Rebana yakni Subang dan Majalengka dalam bagian dari super koridor karena wilayah tersebut paling siap dari sisi infrastruktur.

“Kalau Negara ini memasukan Rebana ke Super Koridor Ekonomi, karena memang wilayah ini paling siap, infrastrukturnya. Jalur kereta dari jaman Belanda, jalan tol lintas Jawa ada di situ,” tuturnya kepada Bisnis beberapa waktu lalu.

Menurutnya wilayah Metropolitan Rebana makin lengkap karena ditopang oleh kehandalan infrastruktur transportasi seperti Pelabuhan Patimban, Bandara Kertajati.

“Nah kelebihan Jawa Barat selain infrastruktur siap, kami sedang membangun pelabuhan tercanggih Patimban, melengkapi Bandara Kertajati yang sudah ada,” ujarnya.

Dia juga menyakinkan Metropolitan Rebana akan mengukuhkan Jawa Barat sebagai destinasi investasi paling utama di Indonesia. Menurutnya hasil survei menunjukan wilayah yang ia pimpin unggul dibanding yang lain.

“Dan memang hasil survei pada investor selain infrastruktur, SDM Jawa Barat itu dinilai paling produktif. Maka Jawa Barat akan mempertahankan dua keunggulan ini sebagai destinasi investasi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper