Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PT KAI Terapkan Tarif Saat Tap In dan Tap Out di Stasiun yang Sama

LRT Jabodebek melakukan penerapan tarif bagi pengguna yang melakukan tap in dan tap out di stasiun yang sama.
Pengguna yang melakukan tap in dan tap out di stasiun LRT Jabodebek/Istimewa
Pengguna yang melakukan tap in dan tap out di stasiun LRT Jabodebek/Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG - LRT Jabodebek melakukan penerapan tarif bagi pengguna yang melakukan tap in dan tap out di stasiun yang sama. Pemberlakuan tarif tersebut bergantung pada durasi waktu penumpang yang menggunakan layanan LRT Jabodebek.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Bisnis, kebijakan ini berlaku untuk mendorong efisiensi penggunaan layanan serta meminimalisasi potensi penyalahgunaan fasilitas.

Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono mengatakan pihaknya akan terus melakukan sosialisasi mengenai penerapan tarif ini dan memberikan imbauan kepada para penumpangnya untuk memerhatikan waktu yang dibutuhkan saat perjalanan.

"LRT Jabodebek berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan dan kenyamanan bagi seluruh pengguna. Sosialisasi mengenai penerapan tarif ini akan dilakukan secara intensif melalui berbagai media agar pengguna dapat memahami dan mematuhi kebijakan yang berlaku," ujar Mahendro dalam siaran pers kepada Bisnis, Jumat (26/7/2024).

"Tak lupa kami juga akan terus melakukan imbauan kepada para pengunjung untuk selalu memperhatikan waktu yang dibutuhkan untuk perjalanan agar dapat menghindari biaya tambahan yang tidak perlu," lanjutnya.

Tarif Tap In dan Tap Out di LRT Jabodebek

Ada kebijakan baru untuk pengguna LRT Jabodebek. Bagi pengguna yang melakukan tap in dan tap out di stasiun yang sama dengan durasi kurang dari 60 menit, akan dikenakan tarif minimum, sedangkan durasi lebih dari 60 menit, akan dikenakan tarif maksimum. Berikut rincian tarifnya ;

1. Tarif Maksimal

Rp10.000

Berlaku untuk waktu tap in dan tap out lebih dari 60 menit di stasiun yang sama pada hari kerja (Senin s.d Jumat) saat off peak hour, serta pada hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional.

Rp20.000

Berlaku untuk waktu tap in dan tap out lebih dari 60 menit di stasiun yang sama pada hari kerja (Senin s.d Jumat) saat peak hour.

Keterangan:

Peak hour: 06.00 - 08.59, 16.00 - 19.59

Off Peak Hour: Di luar pukul 06.00 - 08.59, 16.00 - 19.59

2. Tarif Minimum Rp5.000

Berlaku untuk waktu tap in dan tap out kurang dari 60 menit di stasiun yang sama.

Para pengguna dapat melakukan pembayaran LRT Jabodebek menggunakan KMT KAI Commuter maupun KUE (Kartu Uang Elektronik) Perbankan. Adapun jam operasional LRT Jabodebek diantaranya sebagai berikut;

Hari Kerja (Senin s.d Jumat)

Jadwal keberangkatan pertama LRT Jabodebek dari Stasiun Jatimulya pukul 05.22 WIB dan dari Stasiun Harjamukti pukul 05.30 WIB.

Jadwal keberangkatan akhir LRT Jabodebek dari Stasiun Dukuh Atas pukul 22.16 WIB untuk tujuan akhir Stasiun Jatimulya dan pukul 22.21 WIB untuk tujuan akhir Stasiun Harjamukti.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper