Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PHRI Jabar Data Hotel untuk Isolasi Pasien Covid-19

Hotel yang akan digunakan untuk isolasi nantinya tidak bisa menerima tamu dari yang lain, hanya untuk pasien Covid-19.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 21 September 2020  |  07:44 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com,BANDUNG - Sejumlah hotel di wilayah Bodebek dan Bandung Raya diproyeksikan menjadi tempat isolasi pasien Covid-19.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat Herman Muchtar mengatakan pihaknya tengah mendata hotel yang direkomendasikan sebagai tempat isolasi mandiri. Menurut Herman langkah ini dilakukan usai pihaknya mendapatkan perintah terkait penyiapan tempat isolasi.

"Jadi begini, kemarin Gubernur, Pak Sekda, gugus tugas dan Kementerian telepon, pemerintah pusat sedang mencari tempat isolasi di luar dari rumah sakit yang penuh,” kata Herman, Minggu (20/9/2020).

Pihaknya mengaku langsung mendata sejumlah hotel yang berada di wilayah Bogor, Karawang dan Bekasi.

Pertemuan juga sudah digelar dengan sejumlah hotel di kawasan Bandung Raya."Kita sedang mendata hotel yang bersedia digunakan untuk isolasi pasien Covid-19," kata Herman.

Rencananya, Herman akan menyerahkan laporan hotel-hotel yang direkomendasikan dan bersedia untuk menjadi tempat isolasi mandiri bagi pasien Covid-19.

Herman menyatakan PHRI Jabar menyambut positif upaya pemerintah ini karena bisa menghidupkan lagi sektor hotel yang tingkat huniannya terdampak.

"Ya sekarang kondisi seperti ini, kondisi rendah 10 persen. Kalau okupansi 10 persen mereka bisa mengambil sikap untuk bisa berpartisipasi di sini, jadi kan satu hotel yang dikontrak, bukan beberapa kamar, tapi satu hotel penuh. Hotel tersebut nantinya tak bisa menerima tamu dari yang lain, hanya yang Covid-19 saja," ujarnya.

Herman mengaku menyiapkan hotel untuk isolasi tidak sederhana karena ada prosedur protokol kesehatan yang harus dipenuhi para pengelola.

“Fasilitasnya nanti tak hanya kamar, tapi juga makan, cuci dan sebagainya. Itu kan harus dilatih juga layanan begitu," kata Herman.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hotel covid-19
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top