Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Besok, Ridwan Kamil Cek Kesiapan Faskes di Bandung dan Depok

Ketua Gugus Tugas Jabar Ridwan Kamil dijadwalkan akan meninjau sejumlah fasilitas kesehatan di tiga daerah pada Selasa (15/9/2020) besok.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 14 September 2020  |  19:59 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil - Bisnis
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil - Bisnis

Bisnis.com,BANDUNG—Ketua Gugus Tugas Jabar Ridwan Kamil dijadwalkan akan meninjau sejumlah fasilitas kesehatan di tiga daerah pada Selasa (15/9/2020) besok.

Ridwan Kamil mengatakan pihaknya akan memantau kesiapan ruang perawatan di Kota Bandung, Bogor dan Kota Depok dalam satu hari. Kota Bandung kemungkinan akan meninjau RSKIA yang mengalami lonjakan dan sejumlah rumah sakit di Depok yang daya tampungnya mulai naik.

“Kunjungan fasilitas kesehatan, saya akan lakukan geser ke besok semuanya. Rutenya, besok di Bandung, lanjut ke Bogor, lanjut ke Depok. Dari sana saya akan membuat pemetaan dan pengetatan,” katanya di Bandung, Senin (13/9/2020).

Menurutnya khusus Depok pihaknya sudah menyiapkan strategi atau skenario terburuk jika daya tampung ruang perawatan pasien Covid-19 sudah penuh. Menurutnya skenario yang dilakukan adalah membangun subsidi silang. “Kalau Depok penuh, Bogor bisa menerima pasien KTP Depok. Atas nama kemanusiaan faskes kita saling subsidi silang,” ujarnya.

Terkait rencana DKI yang akan menggiring pasien OTG untuk diisolasi di rumah sakit, pihaknya menyerahkan hal tersebut pada gugus tugas di daerah. Isolasi di rumah sakit menurutnya mengharuskan daerah memiliki kesiapan daya tampung.

“Itu akan diserahkan kepada kesiapan kota kabupaten. Kan poinnya isolasi di rumah dan RS itu pastikan dia tidak kemana-mana, sembuh dan tidak menulari. Kalau di rumah ternyata terjamin, ya sudah seperti yang kita lakukan sekarang. Kalau tidak terjamin, ya ditarik, tapi fasilitasnya harus ada,”pungkasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar Virus Corona
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top