Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jumlah Ruang Perawatan Pasien Covid-19 di Jabar Masih Aman

Ketersediaan ruang perawatan dan isolasi pasien positif Covid-19 rumah sakit rujukan di Jawa Barat masih aman.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 13 September 2020  |  15:59 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, BANDUNG — Ketersediaan ruang perawatan dan isolasi pasien positif Covid-19 rumah sakit rujukan di Jawa Barat masih aman.

Hingga 11 September 2020, tingkat keterisian rumah sakit rujukan sekitar 44,33%. Angka tersebut masih di bawah standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menetapkan tingkat keterisian rumah sakit harus di bawah 60%.

Ketua Divisi Manajemen Fasyankes Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar Marion Siagian melaporkan, jumlah tempat tidur di rumah sakit rujukan Covid-19 se-Jabar mencapai 4.094.

"Sesuai SK (Surat Keputusan) Gubernur Jabar, kami memiliki 105 rumah sakit rujukan. Ditambah dengan rumah sakit rujukan SK bupati/wali kota. Total yang melayani pasien Covid-19 di Jabar ada 322 rumah sakit," kata Marion, Minggu (13/9/2020).

Gugus Tugas Jabar pun sudah melakukan rekruitmen tenaga kesehatan dan telah ditempatkan di pusat isolasi kabupaten/kota. Rekruitmen akan kembali dilakukan bagi tenaga kesehatan maupun nonkesehatan untuk memperkuat SDM di rumah sakit, pusat isolasi, maupun laboratorium kabupaten/kota.

Berdasarkan data Pikobar (Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jabar) pada Minggu (13/9/20) pukul 15:30 WIB, 7.493 pasien sudah dinyatakan sembuh/selesai isolasi. Jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 yakni 14.231 orang, sedangkan pasien dalam isolasi/perawatan yakni 6.444 orang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top