Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemerintah Daerah Siap Bantu Desa Gali Potensi‎

Pemerintah Kabupaten Cirebon, siap membantu desa untuk menggali potensi desa. Nantinya, potensi tersebut menjadi salah satu fokus pengembangan desa.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 27 Agustus 2020  |  12:10 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, CIREBON - Pemerintah Kabupaten Cirebon, siap membantu desa untuk menggali potensi desa. Nantinya, potensi tersebut menjadi salah satu fokus pengembangan desa.

Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, mengatakan, mengatuhi potensi desa itu sangat penting, namun sebelumnya harus ada kajian serta penelitian, apakah potensi tersebut layak dikembangkan.

"Permintaan kajian itu permintaan dari para kuwu langsung," kata Imron di Kabupaten Cirebon, Kamis (27/8/2020).

Imron mengatakan, banyak potensi desa di Kabupaten Cirebon yang harus segera digali. Dari hasil pertemuan dengan para kuwu, sebagian besar potensinya adalah pariwisata.

Pemerintah daerah pun dalam waktu dekat akan menindaklanjuti informasi adanya situs di Kecamatan Talun. Bila dari hasil penelitian memiliki nilah sejarah besar, akan dikelola dengan baik.

"Katanya ada situs dari Kerajaan Rajagaluh. Nanti kita kaji dulu, apakah benar. Jika benar, nanti kita pelihara dengan baik," katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Cirebon, mengatakan, dalam membangun desa perlu adanya sinergitas antar SKPD, sehingga pemanfaatan dana desa digunakan untuk pengembangan.

Nantinya, desa akan membangunan sesuai kebutuhan yang ada. Di Kabupaten Cirebon hanya ada dua desa yang tertinggal. Sedangkan sisanya, desa mandiri, maju dan berkembang.

"Desa tertinggal hanya ada 2 desa. Untuk desa mandiri ada 7 desa, desa maju 109 dan desa berkembang 294," kata Imam. (K45)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top