Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Husein Operasikan Pesawat Jet, Ini Respons Pemkot Bandung

Pemerintah Kota Bandung menyambut baik beroperasinya kembali dua jet milik maskapai Lion Air dan Citilink yang akan melayani enam rute penerbangan dari dan menuju Bandara Husein Sastranegara.
Pesawat Citilink bersiap lepas landas dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung/Bisnis
Pesawat Citilink bersiap lepas landas dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung menyambut baik beroperasinya kembali dua jet milik maskapai Lion Air dan Citilink yang akan melayani enam rute penerbangan dari dan menuju Bandara Husein Sastranegara.

"Pemerintah Kota Bandung mengucapkan terima kasih dan apresiasi penerbangan perdana dengan pesawat berbadan lebar dari Makassar dan ternyata alhamdulillah okupansinya cukup banyak," ungkap Yana, Jumat (21/8/2020).

Menurut Yana, dengan kembalinya rute penerbangan yang sempat dialihkan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) ini akan menggenjot lagi sektor wisata di Kota Kembang.

"Mudah-mudahan ini awal dari kebangkitan pariwisata lokal," katanya.

Yana berharap pembukaan penerbangan pesawat jet bisa berlanjut sehingga roda ekonomi Kota Bandung yang sekitar 30 persennya disumbangkan dari sektor pariwisata bisa bangkit kembali.

"Kita menyambut baik kalau ternyata pesawat berbadan lebar ini boleh melakukan penerbangan dari dan ke Bandara Husein Sastranegara," imbuhnya.

Pasalnya, sejak rute pesawat jet dialihkan ke Bandara Kertajati, pariwisata Kota Bandung adalah sektor yang paling terdampak. Data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung mencatat ada penurunan hingga 80 persen sejak Juli 2019 - Maret 2020.

"Memang pariwisata kita terdampak karena kalaupun ada wisatawan lokal dia harus ke Kertajati perlu transportasi, waktu lagi, mungkin saja akhirnya wisatanya di sekitar Kertajati. Kalau di sini kan sudah jelas dan meningkatkan pariwisata Kota Bandung," bebernya.

Sebelumnya, General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Husein Sastranegara Bandung, Andika Nuryaman menjelaskan, pada hari pertama pembukaan penataan rute ini ada tiga pesawat yang mendarat dari Lion Grup. Di hari kedua, penerbangan dari Citilink menyusul akan mendarat.

"Penerbangan hari ini baru Lion Group, yaitu Bandung-Makassar, Bandung-Denpasar, dan Bandung-Kualanamu.Besok ada tambahan lagi dari Citilink, jadi besok ada 19 aircraft movement. ," ujarnya.

Adapun rute Citylink antara lain Bandung-Kualanamu, Bandung-Palembang, Bandung- Pekanbaru, dan Bandung-Denpasar.

"Untuk penerbangan tipe ATR masih berlanjut, seperti ke Surabaya, Tanjungkarang, Semarang, Solo, dan Yogyakarta," imbuhnya.

Ia pun menegaskan, penataan rute ini bukanlah pemindahan rute. Artinya, Bandara Kertajati tetap menerima penumpang dari penerbangan domestik. Baik Bandara Husein Sastranegara maupun Bandara Kertajati sama-sama membuka rute untuk saling mendukung.

"Jadi ketika nanti penumpang dari Makassar di sini (Bandara Husein Sastranegara) berangkat pukul 8 pagi nanti mungkin di sana (Bandara Kertajati) ada Kertajati-Makassar pukul 4 sore. Itu adalah pilihan dari masyarakat Jawa Barat silakan mau terbang dari Husein maupun Kertajati, masih ada semuanya," jelasnya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper