Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

2.138 Guru di Kabupaten Cirebon Jadi Target Tes Swab

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (P2) Covid-19 Kabupaten Cirebon, terus mempercepat pelaksanaan tes swab massal dengan target satu persen dari jumlah penduduk. Target selanjutnya merupakan guru sekolah dasar.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, CIREBON - Gugus Tugas Percepatan Penanganan (P2) Covid-19 Kabupaten Cirebon, terus mempercepat pelaksanaan tes swab massal dengan target satu persen dari jumlah penduduk. Target selanjutnya merupakan guru sekolah dasar.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni, mengatakan, September mendatang ada program bulan imunisasi anak sekolah (BIAS). Diharapkan, seluruh guru dalam kondisi terbebas Covid-19.

"Sudah ada jadwalnya, swab ini untuk guru kelas satu dan dua. Jumlah guru sebanyak 2.138 dari 1.069 sekolah," kata Enny di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Kamis (13/8/2020).

Rencana tes swab massal seluruh guru sekolah dasar di Kabupaten Cirebon akan lebih cepat karena adanya hibah PCR, VTM, Reagen dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Meskipun Pemkab Cirebon sudah melakukan pengadaan alat tersebut, adanya hibah dianggap lebih membantu," katanya.

Selain itu, tes swab massal pun akan terus menyasar kepada kader posyandu, karena Agustus ini adalah bulan penimbangan balita. Jumlah kader yang telah mengikuti tes sebanyak 3.000.

Berdasarkan data Pusicov Kabupaten Cirebon, Gugus Tugas P2 Covid-19 sudah melakukan pemeriksaan PCR sebanyak 10.389 dengan hasil 45 orang dinyatakan positif Covid-19.

Jumlah target pemeriksaan tes swab dari satu persen total penduduk sekira 22.000 orang.

Sedangkan untuk pemeriksaan tes cepat atau rapid, sudah dilakukan sebanyak 2.542 kali dengan hasil lima orang reaktif. (K45)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper