Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

‎Kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon Tembus Angka 99

Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, hingga Senin (10/8/2020) kembali bertambah sebanyak dua kasus sehingga total kasus tersebut sudah menembus angka 99.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, CIREBON - Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, hingga Senin (10/8/2020) kembali bertambah sebanyak dua kasus sehingga total kasus tersebut sudah menembus angka 99.

Dua orang‎ yang barus saja dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19, merupakan warga dari Kecamatan Mundu berjenis kelamin laki-laki berusia 59 tahun, kemudian warga dari Kecamatan Talun berjenis kelamin laki-laki berusia 26 tahun.

Kedua orang pasien baru tersebut, saat ini menjalani isolasi mandiri.

‎Ketua Divisi Pelacakan Kontak, Pengujian dan Manajemen Laboratorim Gugus Tugas P2 Covid-19 Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni, mengatakan, sejak memasuki masa adaptasi kebiasaan baru (AKB), kasus terkonfirmasi positif semakin meningkat.

Hal tersebut terjadi, karena adanya perbedaan pemahaman di masyarakat yang menganggap AKB sudah terbebas dari Covid-19.

"Sebagian masyarakat sudah longgar dan abai terhadap protokol kesehatan," kata Enny di Kabupaten Cirebon, Senin (10/9/2020).

Dari 99 kasus tersebut, sebagian pun menular kepada sejumlah pegawai pemerintahan daerah, mulai dari pegawai Dinas Kesehatan, BKAD, Dinas Perhubungan, pegawai puskesmas, dan kader posyandu.

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 memastikan tidak ada klaster perkantoran meskipun kasus dalam sepekan terakhir ini menular kepada pegawai pemerintahan Kabupaten Cirebon.

‎Enny mengatakan, pegawai pemerintahan yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut sebagian besar bertugas memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat, terutama pegawai di puskesmas.

"Kenapa tidak menyebutkan klaster kantor, karena selama ini sudah tidak ada pertemuan langsung, semua online," katanya.

‎Berdasarkan data dari Pusicov Cirebon, hingga, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon sebanyak 99 kasus. Sebanyak 53 orang saat ini masih menjalani isolasi mandiri, 41 sudah sembuh, dan lima meninggal dunia‎.

Kemudian, untuk kasus suspek Covid-19 di Kabupaten Cirebon sampai saat ini, sebanyak 305. Sebanyak 300 sudah selesai mendapatkan pengawasan dan lima lagi masih menjalani isolasi mandiri. (K45)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper