Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon Bertambah 19 Orang

Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, hingga Sabtu (9/8/2020) bertambah sebanyak 19 kasus.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 09 Agustus 2020  |  14:20 WIB
Laboratorium pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) di Laboratorium Fakultas Kedokteran UGJ Kota Cirebon. Laboratorium tersebut digunakan untuk pemeriksaan hasil swab di Kabupaten Cirebon. - Bisnis/Hakim Baihaqi
Laboratorium pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) di Laboratorium Fakultas Kedokteran UGJ Kota Cirebon. Laboratorium tersebut digunakan untuk pemeriksaan hasil swab di Kabupaten Cirebon. - Bisnis/Hakim Baihaqi

Bisnis.com, CIREBON - Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, hingga Sabtu (9/8/2020) bertambah sebanyak 19 kasus.

Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut di antaranya merupakan 10 pegawai pusat pelayanan kesehatan masyarakat (PKM), dua pegawai Dinas Kesehatan, dua aparatur sipil negara, dan lima orang warga sipil.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni, mengatakan, dari 27 Juni sampai 8 Agustus 2020 atau pada masa adapta‎si kebiasaan baru (AKB), laju pertumbuhan kasus terkonfirmasi Covid-19 terus mengalami peningkatan.

‎Enny menyebutkan, bahwa AKB bukanlah sebuah fase di mana kondisi kembali normal. Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 pun sudah memprediksi bakal terjadi lonjakan kasus terkonfirmasi positif.

‎"Banyak masyarakat yang abai dan tidak patuh terhadap protokol kesehatan. Melihat kejadian di Plered beberapa waktu lalu, di mana 16 orang terkonfirmasi positif dan 520 orang lainnya berkontak‎ langsung," kata Enny saat ditemui di Lab Fakultas Kedokteran UGJ Kota Cirebon, Minggu (9/8/2020).

Meskipun kasus dalam sepekan terakhir ini menular kepada pegawai pemerintahan Kabupaten Cirebon, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 memastikan tidak ada klaster perkantoran.

‎Enny mengatakan, pegawai pemerintahan yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut sebagian besar bertugas memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat, terutama pegawai di puskesmas.

"Kenapa tidak menyebutkan klaster kantor, karena selama ini sudah tidak ada pertemuan langsung, semua online," katanya.

‎Berdasarkan data dari Pusicov Cirebon, hingga Minggu siang (9/8/2020), kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon sebanyak 97 kasus. Sebanyak 51 orang saat ini masih menjalani isolasi mandiri, 41 sudah sembuh, dan lima meninggal dunia‎.

Kemudian, untuk kasus suspek Covid-19 di Kabupaten Cirebon sampai saat ini, sebanyak 305. Sebanyak 300 sudah selesai mendapatkan pengawasan dan lima lagi masih menjalani isolasi mandiri. (K45)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top