Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Emil Berharap Vaksin Covid-19 Bisa Diberikan Januari 2021

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengharapkan, vaksin Covid-19 dapat diberikan kepada seluruh masyarakat di Jawa Barat mulai Januari 2021, sehingga masyarakat bisa memiliki kekuatan imunitas secara permanen.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 05 Agustus 2020  |  14:23 WIB
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, saat menghadiri rapat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Hotel Prima, Kota Cirebon, Jawa Barat, Rabu (5/8/2020). - Bisnis/Hakim Baihaqi
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, saat menghadiri rapat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Hotel Prima, Kota Cirebon, Jawa Barat, Rabu (5/8/2020). - Bisnis/Hakim Baihaqi

Bisnis.com, CIREBON - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengharapkan, vaksin Covid-19 dapat diberikan kepada seluruh masyarakat di Jawa Barat mulai Januari 2021, sehingga masyarakat bisa memiliki kekuatan imunitas secara permanen.

‎Ridwan Kamil atau Emil menyebutkan, untuk vaksin Covid-19 yang nantinya akan diberikan masyarakat Jawa Barat berasal dari empat negara, yaitu Tiongkok, Korea, Inggris, dan Indonesia.

‎Namun, untuk syarat penggunaan vaksin tersebut, terlebih dahulu harus dilakukan tes sebanyak tiga kali, dua kali di negara asal produksi dan satu di negara konsumen.

"Korea dan Inggris belum selesai tes kesatu dan kedua. Kemudian untuk Indonesia pun masih lama," kata Emil saat ditemui di Hotel Prima, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Rabu (5/8/2020).

Sedangkan untuk vaksin Covid-19 dari Tiongkok, sudah menjalani tes ketiga di Indonesia dan diproduksi ‎di Biofarma. Emil menyebutkan, sudah ada 160 lebih warga Bandung Raya yang bersedia menjadi relawan.

Emil mengatakan, saat ini terus dilakukan sejumlah persiapan dan pengetesan hingga Desember 2020.‎ Tolok ukur keberhasilan vaksin tersebut yakni, imunitas tubuh meningkat hingga 90 persen.

"Kalau berhasil, maka akan diproduksi," katanya.

‎Nantinya, Emil pun akan menjadi salah satu relawan untuk tes vaksin Covid-19. Hal tersebut diakui bisa, lantaran selama ini memiliki riwayat penyakit bawaan.

‎"Gimana rakyatnya percaya kalau pemimpinnya tidak percaya, maka harus ada pemimpin yang mencontohkan," katanya. (K45)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon Virus Corona
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top