Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

40 Orang Pegawai Gedung Sate Positif, 800 Orang Harus Dites

Sekda Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja mengatakan tracing yang dilakukan gugus tugas pada 40 orang ASN dan non ASN relatif mudah mengingat tes PCR dilakukan di Gedung Sate dalam tiga hari terakhir.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 30 Juli 2020  |  16:52 WIB
Gubernur Jaba Ridwan Kamil saat meninjau salah satu pelaksanaan rapid test
Gubernur Jaba Ridwan Kamil saat meninjau salah satu pelaksanaan rapid test

Bisnis.com, BANDUNG — Setelah terkonfirmasinya 40 orang pegawai Gedung Sate positif Covid-19, Sekda Jabar memerintahkan seluruh pegawai untuk bekerja di rumah (work from home).

Sekda Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja mengatakan tracing yang dilakukan gugus tugas pada 40 orang ASN dan non ASN tersebut relatif mudah mengingat tes PCR dilakukan di Gedung Sate dalam tiga hari terakhir.

“Jadi semua data by name by address ada semua, jadi kami bisa menanyakan satu-satu, anda di hari-hari terakhir bertemu siapa saja, dimana saja orangnya,” katanya dalam sesi keterangan pers daring di Bandung, Kamis (30/7/2020).

Setiawan mencatat dengan jumlah terkonfirmasi 40 orang maka rasio 1 orang positif adalah melakukan kontak dengan 20 orang. Dengan angka ini menurutnya setidaknya ada 800 orang yang harus diuji apakah terpapar atau tidak. “Yang paling erat [kontak] kami lakukan isolasi mandiri sesuai dengan protokol kesehatan,” tuturnya.

Menurutnya yang ditelusuri kontak dengan pegawai yang positif tak hanya ASN yang satu ruangan atau satu biro namun hingga keluarga dan sejarah pertemuan pegawai positif dalam beberapa hari terakhir.

“Kalau kita lihat kontak tracing bukan PNS saja. Kalau yang di ruangan kita lakukan juga, dia pulang dengan siapa tinggal, dan itu yang akan kita kejar, kita melihat situasi lingkungan di rumahnya,” tuturnya.

Usai pengetesan sejak tiga hari terakhir Setiawan mengaku sudah merumahkan para pegawai. Namun pihaknya menegaskan kembali perintah tersebut lewat surat edaran.

Dalam Surat Edaran Nomor : 800/117/UM Tentang Penyesuaian Sistem Kerja Bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat seluruh PNS dan non PNS di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat pun diperintahkan untuk melakukan Work From Home (WFH) hingga 14 Agustus.

“Sudah tiga hari kita WFH dan dinfeksi ruangan di Gedung Sate, terutama setelah kami tahu ruangan mana yang positif. WFH adalah yang close contact satu ruangan. Ventilasi juga penting, masker, durasi kita bertemu. Hal ini bisa kita maknai Gedung Sate seperti saat ini, inilah kondisi terkini Gedung Sate,” tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar Virus Corona
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top