Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningra‎t Dimakamkan dengan Prosesi Agung Pemakaman

Jenazah Sultan Sepuh XIV Pangeran Raja Adipati (PRA) Arief Natadiningrat akan dimakamkan di Astana Gunung Sembung, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon dengan prosesi agung pemakaman.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 22 Juli 2020  |  12:24 WIB
?Jenazah Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningra?t saat berada di Bangsal Panembahan Keraton Kasepuhan, Kota Cirebon, Jawa Barat, Rabu (22/7/2020). - Bisnis/Hakim Baihaqi
?Jenazah Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningra?t saat berada di Bangsal Panembahan Keraton Kasepuhan, Kota Cirebon, Jawa Barat, Rabu (22/7/2020). - Bisnis/Hakim Baihaqi

Bisnis.com, CIREBON - Jenazah Sultan Sepuh XIV Pangeran Raja Adipati (PRA) Arief Natadiningrat akan dimakamkan di Astana Gunung Sembung, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon dengan prosesi agung pemakaman.

‎Setibanya di Keraton Kasepuhan, jenazah dibawa ke Dalem Arum Keraton Kasepuhan atau ruang keluarga kesultanan dan kemudian disemayamkan di Bangsal Panembahan.

‎"Pelayat diberi waktu untuk penghormatan terakhir dan mendoakan di Bangsal Panembahan," kata Protokoler Keraton Kasepuhan, Jajat Sudrajat, Rabu (22/7/2020).

‎Untuk prosesi agung pemakaman, jenazah Sultan Arief akan dibawa menuju Astana Gunung Sembung dari Keraton Kasepuhan dengan cara jalan kaki yang menempuh perjalanan sejauh tujuh kilometer.

Rute yang akan dilintasi yakni, Keraton Kasepuhan-Jalan Arya Dinoto-Jalan Le‎mahwungkuk-Jalan Kanoman-Jalan Karanggetas-Jalan Siliwangi.

"Setelah dari Jalan Siliwangi, langsung ke arah GunungJati, pengiring adalah keluarga dan abdi dalem," katanya.

‎Jajat menuturkan, prosesi agung pemakaman sudah dilakukan sejak turun temurun. Keranda untuk membawa Sultan Arief pun khusus bagi keluarga dari kesultanan.

"Kasih kesempatan untuk masyarakat melihat langsung sultan dibawa ke tempat peristirahatan terakhir," katanya.

Sultan Sepuh XIV Pangeran Raja Adipati (PRA) Arief Natadiningrat, meninggal dunia di Rumah Sakit Santosa, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Rabu (22/7/2020) sekira pukul 05.20 WIB.

‎Sebelum meninggal dunia, Arief sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Santosa sejak Senin (20/7/2020).

Diketahui, Arief meninggalkan seorang istri yakni, Raden Ayu Isse Natadiningrat dan tiga orang anak, yaitu Pangeran Raja Luqman Zulqaidin, Ratu Raja Fatimah dan Pangeran Raja Muhamad Nusantara.

‎Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat merupakan salah satu tokoh dari Keraton Kasepuhan, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat, diketahui menggantikan Sultan Sepuh XIII PRA Maulana Pakuningrat. Diketahui, Sultan Arief diangkat menjadi sultan sepuh sejak 2010. (K45)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top