Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Objek Wisata Sudah Dibuka, Pemkab Cirebon Minta Semua Patuhi Protokol Kesehatan

Beberapa hal yang harus dilakukan di antaranya, memaksimalkan reservasi/pembayaran secara daring, mengimbau pengunjung membersihkan tangan, dan petugas layanan dapat menanyakan alamat tempat tinggal.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 12 Juli 2020  |  13:37 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Aktivitas kepariwisataan di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, sudah kembali dibuka sejak Kamis (9/7/2020). Keputusan tersebut berdasarkan surat keterangan dari Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora).

Kepala Disbudparpora Kabupaten Cirebon, Hartono, mengatakan, untuk pengelola objek wisata, diminta harus melakukan berbagai hal terkait pencegahan bersama terhadap penularan dari wabah Covid-19.

Beberapa hal yang harus dilakukan di antaranya, memaksimalkan reservasi/pembayaran secara daring, mengimbau pengunjung membersihkan tangan, dan petugas layanan dapat menanyakan alamat tempat tinggal.

"Kemudian, penerimaan tamu maksimal sebanyak 50 persen dari total fasilitas yang dimiliki objek wisata/taman rekreasi," kata Hartono di Kabupaten Cirebon, Minggu (12/7/2020).

Selama di dalam objek wisata, kata Hartono, pengelola harus mengizinkan pengunjung untuk membawa makanan atau minuman dari luar, namun dengan tetap menjaga kebersihan di kawasan.

Namun, apabila menyediakan layanan makan atau minuman, diminta untuk menghindari‎ pengambilan makanan sendiri oleh pengunjung.

"Makanan atau minuman yang disajikan harus berasal dari bahan makanan yang bersih, serta diolah dan disajikan secara higienis," katanya.

Kemudian, bagi pengunjung diminta menggunakan masker selama berada di area publik dan melakukan budaya etika batuk atau bersin serta tetap memperhatikan jaga jarak/minimal satu meter dengan orang lain.

Hartono mengatakan, hal tersebut dilakukan dalam upaya mencegah serta memutus mata rantai Covid-19, dengan cara melakukan pemeriksaan, kelengkapan peralatan sesuai protokol kesehatan.

"Tidak hanya sektor kepariwisataan, SOP pun kami dibuat di tempat olahraga dan serta tempat kegiatan kesenian. Kami semua mematauhi," katanya. (K45)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top