Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tes Jaringan di BIJB Kertajati: Telkomsel Jawara

Jaringan Telkomsel tercatat sebagai yang terbaik di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.Kecepatan unduh-ungguh Telkomsel melebihi operator lain.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG – Jaringan Telkomsel tercatat sebagai yang terbaik di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.Kecepatan unduh-ungguh Telkomsel melebihi operator lain.

Pada periode 23 Juni – 26 Juni 2020, Tim Jelajah Segitiga Rebana Bisnis Indonesia melakukan pengetasan jaringan di sejumlah tempat strategis di kawasan Segitiga Rebana (Subang- Majalengka- Cirebon) untuk mengetahui kualitas jaringan.

Adapun lokasi pengetesan jaringan a.l. Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati, Pelabuhan Patimban, tempat wisata Ciboer Pass, kawasan Panyaweuyan, dan beberapa pusat keramaian di Kabupaten Majalengka. Pengetesan jaringan menggunakan dua aplikasi yaitu Speedtest by Ookla dan Opensignal.

Berdasarkan hasil tes, kecepatan unduh dan unggah Telkomsel di BIJB mencapai 8,43 Mbps dan 14,4 Mbps dengan latensi 25 ms. Angka ini merupakan yang tertinggi BIJB Kertajati.

Sementara itu kecepatan unduh-ungguh XL sebesar 5,14 Mbps dan 10,7 Mbps dengan latensi 24 ms. Secara kecepatan unduh, XL menempati urutan kedua dan untuk latensi urutan pertama.

Adapun kecepatan unduh – unggah Indosat sebesar 2,56 Mbps dan 13,3 Mbps dengan latensi 51 ms. Kecepatan unduh dan latensi Indosat merupakan yang terbawah dibandingkan dengan kedua operator lainnya, sementara untuk kecepatan unggah Indosat menempati urutan kedua.

BIJB Kerjati diproyeksikan akan menjadi hub logistik internasional. Salah satu keunggulan yang akan diperlihatkan di sana adalah penggunaan teknologi dan automasi di gudang penyimpanan sehingga kualitas barang yang disimpan di sana nantinya akan lebih terjaga.

Di lain sisi, teknologi juga membuat arus armada logistik lebih teratur sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan di Bandara.

Pengetesan jaringan ini merupakan bagian dari program Jelajah Segitiga Rebana II. Sekedar catatan, selama periode 22 Juni - 26 Juni, Bisnis Indonesia melakukan penulusuran di kawasan Segitiga Rebana (Subang-Majalengka-Cirebon) untuk menggali potensi di kawasan tersebut, termasuk kesiapan infrastruktur jaringan telekomunikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper