Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tersedot Covid-19, Anggaran Dinas Bina Marga Jabar Kini Tersisa Rp371 Miliar

APBD Jabar 2020 awalnya mengalokasikan anggaran untuk Dinas Bina Marga sebanyak Rp1,55 triliun.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, BANDUNG - Dinas Bina Marga Jawa Barat memastikan sejumlah infrastruktur kebinamargaan tahun ini dihentikan sementara karena anggaran dialihkan untuk penanganan Covid-19.

Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat, A Koswara mengatakan APBD Jabar 2020 awalnya mengalokasikan anggaran untuk Dinas Bina Marga sebanyak Rp1,55 triliun.

Akibat pergeseran belanja langsung tersisa tinggal 23,9 persen dari anggaran awal. "Awalnya anggaran belanja langsung sebanyak Rp1,55 triliun kini menjadi Rp371 miliar. Ini berpengaruh terhadap target-target kerja kita," katanya di Bandung, Rabu (24/6/2020).

Menurutnya Bina Marga kini hanya menjalankan alokasi yang masih tetap dipertahankan untuk pemeliharaan 2.360 kilometer jalan.

"Untuk peningkatan jalan, awalnya kita punya target 68,59 kilometer, di 2020 ini setelah refocussing menjadi 3,1 kilometer. Jadi cukup jauh perubahannya. Kemudian pembangunan jalan awalnya untuk 2,55 kilometer menjadi 0 kilometer, kita tidak punya kegiatan pembanguan jalan," ujarnya.

Selain itu, pekerjaan drainase dari awalnya ditargetkan 25.600 meter, tinggal 2.600 meter untuk tahun ini. Kemudian perbaikan drainase jalan yang awalnya 1.378,95 meter, sisanya tinggal 500 meter perbaikan drainase tahun ini.

"Rehabilitasi jalan tinggal 48 meter, dari 123,65 meter yang direncanakan. Kemudian penggantian jembatan jadi tidak ada. Pembangunan jabatan asalnya tiga mau full, sekarang tinggal 2 full dan 1 bertahap," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper