Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengunjung ke Kawasan Puncak tak Akan Lolos dari Rapid Test Covid!

Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Jawa Barat menyasar tes massal di kawasan Puncak mengingat setiap akhir pekan, wilayah ini selalu penuh sesak dikunjungi masyarakat dari berbagai wilayah, termasuk warga Jakarta.
Pemeriksaan pengendara di kawasan Puncak Kabupaten Cianjur/Istimewa
Pemeriksaan pengendara di kawasan Puncak Kabupaten Cianjur/Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG—Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Jawa Barat, melakukan rapid test di satu lokasi Kabupaten Cianjur dan tiga lokasi Kabupaten Bogor, di sepanjang jalur wisata Puncak hari kedua, Minggu (21/6/2020).

Koordinator Sub Divisi Pengendalian Massa dan Penegakan Aturan Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Jawa Barat Dedi Taufik mewakili Divisi Pengamanan dan Penanganan mengatakan, rapid test dilakukan kepada warga luar Jabar yang masuk ke wilayah Cianjur dari arah Jakarta.

"Kita antisipasi pergerakan yang akan masuk ke wilayah Bogor-Cianjur, karena Bogor-Cianjur ini merupakan lintasan dan tujuan, terutama ke tempat-tempat wisata," ucap Dedi Taufik yang juga Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.

Dedi juga menjelaskan, dalam rapid test kali ini Gugus Tugas Covid-19 Jawa Barat menyiapkan 2000 test kit Covid-19.

Langkah antisipasi bila hasil rapid test terdeteksi ada warga yang reaktif, maka di tempat ini juga langsung dilakukan tindakan lanjutan yaitu swab. "Ya kita rapid dulu, setelah itu baru swab test. Penanganannya sudah sesuai dengan protokol kesehatan,"jelasnya.

Dedi juga menilai, operasi terpadu yang dilakukan Gugus Tugas Covid-19 Jabar bersama-sama Gugus Tugas Kabupaten, TNI dan Polri untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19 di Kawasan Puncak, sangat efektif.

Mengingat setiap akhir pekan, wilayah Puncak selalu penuh sesak dikunjungi masyarakat dari berbagai wilayah, termasuk warga Jakarta.

"Kedatangan warga (para pengunjung) cukup ramai di hari libur (weekend). Makanya kita cek disini (Puncak), ambil sample untuk dijadikan early warning, siapa tahu ada yang reaktif. Secepatnya hasil bisa diketahui dan dilakukan langkah antisipasi,"ujar Dedi.

Sementara pada kesempatan yang sama, Plt. Bupati Cianjur Herman Suherman mengapresiasi rapid tes yang dilakukan Gugus Tugas Covid-19 Jawa Barat.

"Saya apresiasi bantuan tenaga dan rapid tes dari Gugus Tugas Jawa Barat. Ini supaya Cianjur benar-benar clear dari pandemi," ucapnya.

Sementara hasil pantauan di empat lokasi yakni rest area Seger Alam Puncak Pass Cianjur, Rest Area Tugu Selatan Km. 90 (Masjid Attaawun), Rest Area Gunung Mas Puncak dan halaman Masjid Harakatul Jannah Gadog Kabupaten Bogor, rapid tes menyasar para pengunjung, pedagang warung, serta penumpang kendaraan berplat Jakarta yang datang dari arah Jakarta atau sebaliknya, baik mobil maupun sepeda motor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper