Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

200 Pedagang Pasar Leuwipanjang Dirapid Test

Hari ini, 200 pedagang di Pasar Leuwipanjang menjalani rapid test ‎setelah adanya pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19.
200 Pedagang Pasar Leuwipanjang Dirapid Test/Bisnis-Dea Andriyawan
200 Pedagang Pasar Leuwipanjang Dirapid Test/Bisnis-Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG -- Hari ini, 200 pedagang di Pasar Leuwipanjang menjalani rapid test ‎setelah adanya pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan rapid test tersebut merupakan salah cara untuk melacak penyebaran virus setelah adanya orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Selain terhadap pedagang, nantinya pelacakan itu menurutnya juga bakal menyasar ke orang terdekat pedagang yang dinyatakan positif tersebut.

"Yang penting itu tracing (melacak), dia berinteraksi dengan siapa. Nah di-tracing, apakah dirumah aja, apakah banyaknya di pasar. Jadi kuncinya tetap tracing, pelacakan ya," kata Yana, Kamis (11/6/2020).

Sementara itu, Kabid Perlindungan Masyarakat (Linmas) Satpol PP Kota Bandung, Yayan Riyandi mengatakan hal tersebut merupakan tindak lanjut dari upaya pelacakan yang dilakukan Dinas Kesehatan untuk memastikan tidak ada penularan.

"Untuk keamanan dilakukan rapid test mudah mudahan pandemi ini tidak menyebar kepada seluruh pedagang dan pengunjung yang lain," kata Yayan.

Para pedagang tersebut datang dan mengantre untuk menjalani rapid test. Pelaksanaan rapid test itu dilakukan di lantai dua lorong bangunan Pasar Leuwipanjang.

Mereka mengantre sambil menerapkan pembatasan fisik dan mengenakan masker sesuai protokol kesehatan Covid-19. Kemudian, para petugas dinas kesehatan juga memakai baju hazmat dan alat pelindung diri lainnya.

Yayan menyampaikan, pasar tersebut bakal ditutup selama 14 hari hingga 23 Juni 2020 sesuai dengan masa inkubasi pemutusan rantai Covid-19. Pengumuman penutupan sementara itu juga telah dipasang di depan bangunan pasar.

"Maka 14 hari ke depan harus dilakukan masing-masing pedagang isolasi mandiri, selain melakukan rapid test jadi harus dilakukan penutupan sementara," kata Yayan. (k34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper